Pages

Minggu, 14 Juli 2013

BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com
Empat negara akan tarik dubes di Eropa
Jul 14th 2013, 12:19, by BBC Indonesia

mercosur_leader

Pemimpin negara Amerika Selatan mengecam insiden pengalihan pesawat Presiden Morales.

Empat negara Amerika Selatan mengatakan mereka akan menarik duta besarnya dari sejumlah negara Eropa.

Langkah ini dilakukan menyusul tindakan sejumlah negara Eropa yang Klik melarang pesawat Presiden Bolivia, Evo Morales melewati wilayah udara mereka karena dicurigai membawa pembocor rahasia intelijen AS, Edward Snowden.

Evo Morales saat itu tengah melakukan perjalanan pulang dari Moskow, Rusia, daerah di mana Snowden berada lebih dari sepekan.

Menteri Luar Negeri Bolivia, David Choquehuanca mengatakan Prancis dan Portugal menutup wilayah udara mereka karena 'kebohongan' yang menyatakan Snowden ada di pesawat.

Pesawat jetnya sempat diperbolehkan mengisi bahan bakar di Spanyol sebelum akhirnya mendarat di Wina, Austria.

Pasca kejadian tersebut empat negara Amerika Selatan, Brasil, Argentina, Venezuela dan Uruguay mengatakan bahwa insiden tersebut telah melanggar hukum internasional.

Mereka mengatakan akan memanggil pulang perwakilan mereka dari Prancis, Spanyol, Portugal dan Italia.

Snowden saat ini tengah dicari oleh Washington atas tuduhan telah membocorkan tentang upaya AS yang secara sistematis menyadap sejumlah besar informasi dari telepon dan internet.

Negara-negara di Eropa mengatakan insiden itu sebagai kesalahpahaman.

Prancis telah meminta maaf dan menyalahkan munculnya informasi yang saling bertentangan sementara Spanyol mengatakan mereka telah diberitahu bahwa Snowden ada di pesawat yang ditumpangi oleh Presiden Morales.

Menteri Luar Negeri Uruguay, Luis Almagro dalam pidatonya di pertemuan tingkat tinggi di Montevideo mengatakan tindakan yang dilakukan oleh pemerinta negara-negara Eropa sebagai sebuah tindakan yang 'tidak berdasar, diskiminatif dan sewenang-wenang.'

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions