Pages

Sabtu, 06 Juli 2013

Changes are afoot at Blogtrottr!
By popular request, we're bringing in paid plans with some cool new features (and more on the way). You can read all about it in our blog post.
BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com
Venezuela dan Nicaragua tawarkan suaka Snowden
Jul 6th 2013, 06:06, by BBC Indonesia

edward snowden

Edward Snowden telah mengajukan suaka ke sekitar 21 negara.

Presiden Nicaragua dan Venezuela mengindikasikan bahwa mereka akan menawarkan suaka politik bagi buronan AS Edward Snowden.

Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengatakan akan memberikan suaka bagi pembocor intelejen yang diyakini masih terjebak di sebuah kawasan transit di bandara Moskow.

Pernyataan Maduro disampaikan dalam sebuah pidato di Hari Kemerdekaan Venezuela.

''Sebagai kepala negara dan pemerintahan Republik Bolivaria Venezuela, Saya memutuskan untuk menawarkan suaka kemanusiaan bagi warga muda AS Edward Snowden sehingga dia bisa datang ke negara Bolivar dan Chavez untuk menjauh dari penganiayaan imperialis Amerika Utara.''

Sementara Presiden Nicaragua Daniel Ortega mengatakan negaranya akan memberikan ''jika kondisi memungkinkan''.

Ortega mengatakan Nicaragua telah menerima pengajuan suaka di kedutaan mereka di Moskow.

''Kami terbuka, menghormati hak untuk mencari suaka, dan jelas bahwa jika kondisi memungkinkan, kami bisa menerima Snowden dengan senang hati dan memberinya suaka di sini di Nicaragua,'' demikian kutipan Presiden Ortega sebagaimana diberitakan kantor berita AFP.

Sebelumnya Jumat kemarin Wikileaks mengatakan Snowden telah mengajukan suaka ke enam negara lain.

Situs pembocor rahasia tersebut menyatakan tidak akan mengumumkan negara yang dimaksud ''untuk mencegah campur tangan AS.''

Snowden telah meminta suaka ke 21 negara, yang kebanyakan menolak permintaannya.

Sebelumnya sempat mengemuka spekulasi bahwa Klik Snowden ikut diangkut dalam pesawat rombongan Presiden Bolivia Evo Morales yang menyebabkan pesawat kepresidenan dilarang melintas di udara Eropa, Selasa lalu.

AS dianggap sebagai pihak di belakang keputusan Prancis, Portugal, Italia dan Spanyol menutup lintas udara yang dilalui Presiden Bolivia, yang membuat pesawatnya dipaksa mendarat di Austria selama 13 jam.

AS ingin mengadili Snowden terkait pembocoran ribuan dokumen rahasia intelejen.

Edward Snowden mengungkap bahwa dirinya bertanggung jawab atas pembocoran data rahasia yang berisi program pengintaian telepon dan data web.

Dokumen ini juga mengarah pada dugaan bahwa intelejen AS dan Prancis juga melakukan operasi yang sama, dan Klik AS melakukan penyadapan komunikasi pejabat Uni Eropa.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions