Pages

Selasa, 16 Juli 2013

BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com
Perlawanan Farc akan 'segera berakhir'
Jul 16th 2013, 01:43, by BBC Indonesia

Farc

Pasukan Farc diduga sudah jauh lebih kecil jumlahnya saat ini menjadi 8000 orang.

Juru runding utama yang mewakili kelompok perlawanan Kolombia, Farc, mengatakan pemberontakan bersenjata kelompok ini setelah sekitar 50 tahun akan segera berakhir.

Menurut Ivan Marquez yang turut serta dalam negosiasi damai dengan pemerintah Kolombia di Kuba, menyerukan agar partai-partai serta serikat kerja sayap kiri bergabung untuk meneken kesepakatan damai.

Pemerintah Kolombia menargetkan perdamaian bias disahkan sebelum November.

Namun Marquez mengatakan pemerintah tak boleh memburu-buru organisasinya agar cepat-cepat meneken pakta damai.

"Mungkin saja (meneken kesepakatan sebelum November]. Tapi untuk mencapai perdamaian perlu waktu. Kesepakatan perdamaian yang buruk malah akan lebih jelek dari pada perang," dia mengatakan dalam sebuah wawancara dengan jaringan media Kolombia RCN.

Pembicaraan langsung antara pemerintah Kolombia dengan Farc digelar November tahun lalu.

Wakil utama kubu pemerintah, Humberto de la Calle mengatakan tujuan utama negosiasi adalah agar pemberontak meletakkan senjata dan menukarnya dengan turut serta dalam proses politik.

Dua pihak akhirnya sepakat tentang tata cara reformasi agraria, namun masih ada lima hal yang dirundingkan oleh dua kubu.

Meski demikian menurut wartawan BBC Arturo Wallace, di ibukota Bogota warga masih belum yakin tentang pernyataan Ivan Marquez itu. Masih banyak penduduk Kolombia yang menduga kesediaan pemberontak Farc untuk duduk di meja perundingan adalah sekadar upaya untuk kembali membangun Klik kekuatan yang sempat tercerai-berai akibat serbuan militer.

Pemerintah Kolombia memperkirakan ada sekitar 600.000 jiwa terbunuh setelah konflik dengan Farc meletus tahun 1960an, dimana tiga juta orang lainnya terpaksa mengungsi karena terjebak di tengah bentrokan antara pasukan pemerintah dan gerilyawan.

Sementara Farc diduga mempunyai 8.000 personel, turun jauh dari 16.000 orang pada tahun 2001.

Selain dengan bertempur melawan militer pemerintah, kelompok ini juga Klik kerap beroperasi dengan menculik tokoh politik, pengusaha, tentara, wartawan dan warga asing.

Upaya damai ini adalah yang keempat sejak konflik di mulai lebih dari 50 tahun lalu.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions