Pages

Rabu, 10 Juli 2013

BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com
Perdana Menteri Mesir mulai bekerja
Jul 10th 2013, 08:53, by BBC Indonesia

Pendukung Morsi

Pendukung Morsi menolak tawaran pemilu dan posisi dalam kabinet baru.

Perdana Menteri Baru Mesir Hazem al-Beblawi mulai bekerja untuk membentuk kabinet sepekan setelah militer menggulingkan Presiden terpilih, Mohammed Morsi.

PM Beblawi diperkirakan tetap akan menawarkan posisi menteri dalam kabinet pada partai asal Morsi, Ikhwanul Muslimin, meski partai tersebut Klik sudah menyatakan penolakan sebagai protes atas penggulingan yang mereka sebut kudeta.

Sementara kubu partai koalisi liberal juga menolak ajakan menggelar pemilu baru tanpa dilakukan perubahan pada isi UUD yang telah dibahas.

Pemerintah AS mengatakan memandang proses ini " bersemangat tapi waspada" oleh besarnya tekanan untuk reformasi.

Jadwal pemilu baru diumumkan oleh pejabat presiden sementara Adly Mansour pada Senin (08/07) petang, selang beberapa jam setelah sedikitnya 51 orang yang kebanyakan pendukung Ikhwanul Muslimin terbunuh di luar barak militer di Kairo dimana mereka yakin Morsi ditahan.

Mansour juga mengumumkan dekrit yang antara lain akan membentuk sebuah panel dalam rangka mengubah isi draf konstitusi yang diklaim terlalu bernuansa Islamis dalam 15 hari ke depan.

Perubahan nantinya akan dimintakan pendapat rakyat Mesir dalam bentuk referendum -yang akan dipersiapkan selama empat bulan- yang diharapkan akan memuluskan jalan menuju pemilu parlemen, kemungkinan pada awal tahun 2014.

Sementara pada Selasa larut (09/07) juru bicara pejabat presiden, Ahmed el-Musalamani, mengatakan mulai Rabu pembicaraan tentang pembentukan kabinet dimulai.

Selain kepada ikhwanul muslimin posisi menteri juga akan ditawarkan pada kubu partai konservatif, Nour.

Tawaran itu sudah ditolak seorang pejabat senior partai FJP, bentukan Ikhwanul Muslimin.

"Kami tak akan pernah terlibat dalam kabinet apa pun selama Morsi belum dikembalikan pada posisi sebagai presiden," tegasnya pada BBC.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions