Pages

Jumat, 12 Juli 2013

BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com
Massa dua kubu kembali gelar protes di Kairo
Jul 12th 2013, 10:05, by BBC Indonesia

mesir

Setidaknya 42 orang tewas dan 400 lainnya luka-luka dalam bentrok antara aparat keamanan dan pendukung Morsi.

Baik pendukung dan penentang mantan Presiden Mesir Mohammed Morsi tengah bersiap untuk mengadakan unjuk rasa besar di Kairo pada Jumat pertama (12/07) dalam masa puasa.

Pendukung Morsi berharap jutaan orang akan melanjutkan dukungan bagi Morsi untuk kembali ke kursi kekuasaan.

Belasan orang tewas akibat bentrokan sejak digulingkannya Morsi oleh militer.

Wartawan BBC di Kairo mengatakan Ikhwanul Muslimin, kelompok asal Morsi, mungkin telah menyingkirkan banyak pihak saat berkuasa, namun banyak kalangan di Mesir yang juga tidak senang dengan campur tangan militer di politik negara tersebut.

Pada Kamis, Pemerintah Amerika Serikat mendesak pemimpin Mesir untuk menghentikan upaya penegakan otoritas yang "sewenang-wenang" dengan Klik menangkap para anggota Ikhwanul Muslimin dan memberi peringatan kepada kelompok tertentu.

Sekjen PBB, Ban Ki-moon, juga memberi peringataan terkait adanya upaya pengecualian kepada pihak manapun dalam proses politik.

Sementara itu, Juru bicara Gedung Putih, Jay Carney, mengatakan mereka belum akan menarik bantuannya ke Mesir. Seperti diketahui, Klik AS akanKlik mengirimkan empat pesawat tempur F-16 sebagai bantuan militer.

Bantuan militer AS ke Kairo secara hukum akan dihentikan jika penggulingan pemimpin Ikhwanul Muslimin ini merupakan sebuah kudeta -sebuah kesimpulan yang kini masih diselidiki oleh pemerintah AS.

mesir

Pendukung Morsi mengangkat Al Quran dalam sebuah protes di Kairo.

Pendukung Morsi terus mengadakan protes sepanjang pekan ini di barak penjagaan presiden di Kairo bagian timur, tempat di mana Morsi diduga ditahan.

Titik fokus protes adalah Masjid al-Adawiya Rabaa, di mana ribuan dari mereka berkemah.

Koresponden BBC mengatakan Ikhwanul Muslimin tidak berencana untuk mengambil bagian dalam protes, tetapi penyelenggara protes berharap bahwa banyak orang akan menunjukan dukungan yang akan menguntungkan mereka.

Pendukung Morsi mengatakan mereka tidak mencari konfrontasi atau kekerasan, tetapi mengingat situasi yang terpolarisasi serta ketegangan yang tinggi di kedua pihak, potensi bentrokan selalu ada, dia menambahkan.

Sementara itu, massa penentang Morsi juga akan merencanakan aksi unjuk rasa di Lapangan Tahrir, termasuk mengadakan buka puasa massal.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions