Pages

Rabu, 24 Juli 2013

Sindikasi welcomepage.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal welcomepage // via fulltextrssfeed.com 
Usut Korupsi Lab, Kejagung Razia Sejumlah MTs & MA di Semarang
Jul 23rd 2013, 22:30

POLHUKAM

Rabu, 24 Juli 2013 05:30 wib

Fiddy Anggriawan - Okezone

Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Tim penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) merazia sejumlah laboratorium IPA di sejumlah Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) di Semarang dan beberapa sekolah lainnya di wilayah Jawa Tengah terkait kasus dugaan korupsi proyek pengadaan laboratorium di Kementrian Agama.  
 
Direktur Penyidikan Kejagung, M Adi Toegarisman, mengaku pihaknya melakukan razia sejak Selasa 23 Juli 2013 hingga Jumat 26 Juli 2013 mendatang. Tim penyidik merazia beberapa sekolah Madrasah itu untuk mendata ulang alat-alat laboratorium yang ada di sejumlah sekolah itu.
 
Tujuannya, guna mengetahui apakah sudah sesuai spesifikasi atau belum. Kendati demikian, Adi enggan membeberkan nama-nama sekolah tersebut.
 
"Hanya memeriksa untuk mengkroscek apakah sudah sesuai spesifikasi," tegas Adi keapada wartawan, di Kejagung, Jakarta, Selasa (23/7/2013) semalam.
 
Sementara itu, Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Setia Untung Arimuladi, mengatakan pihaknya telah memeriksa tersangka mantan Direktur Pendidikan pada Ditjen Pendidikan Islam Kemenag, Saefudin.
 
"Pokoknya (materi pemeriksaan) mengenai ada atau tidaknya perubahan atas keterangan yang pernah tersangka berikan sebelumnya," jelas Untung.
 
Untung menambahkan, dalam pemeriksaan itu tersangka mengajukan agar jaksa penyidik memeriksa saksi-saki yang bisa meringankannya.
 
Sebelumnya, pengadaan laboratorium IPA untuk MTs dan MA menghabiskan dana sebesar Rp71,5 miliar. Dengan rician nilai proyek pengadaan alat laboratorium IPA untuk MTs menghabiskan anggaran hingga Rp27,5 miliar. Sedangkan, pengadaan alat laboratorium IPA untuk MA mencapai Rp44 miliar.
 
Sejauh ini, Korps Adhyaksa telah menetapkan delapan tersangka dalam kasus ini. Mereka adalah, Direktur Utama PT Alfindo Nuratama Perkasa Arifin Ahmad, Direktur CV Pudak Zainal Arief, Staf PT Nurationdo Bangun Perkara Mauren Patricia Cicilia, mantan Direktur Pendidikan Madrasah Kemenag Firdaus Basuni, dan mantan perwakilan dari Unit Pengadaan Rizal Royan.
 
Kemudian, mantan Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemag Affandi Mochtar, Pejabat Pembuat Komitmen Kemenag Syaifuddin, serta Konsultan Informasi Teknologi dari PT Sean Hulbert Jaya Ida Bagus Mahendra Jaya Martha.
(hol)

Berita Selengkapnya Klik di Sini

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions