Pages

Kamis, 18 Juli 2013

Sindikasi welcomepage.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal welcomepage // via fulltextrssfeed.com
Ketika Negarawan Muda Memaknai Ramadan
Jul 17th 2013, 22:27

SUARA MAHASISWA

Kamis, 18 Juli 2013 05:27 wib

-

Ilustrasi. (Foto: okezone)Ilustrasi. (Foto: okezone)

BERBICARA tentang Ramadan, pasti seantero jagad ini mengatakan bahwa Bulan Ramadhan itu bulan Puasa, Bulan Ampunan, Bulan Penuh Berkah, Bulan Turunnya Al-Qur'an, dll. Dalil Q.S. Baqarah: 183 selalu keluar baik saat menyambut maupun saat melewatinya. Banyak Orang yang berubah pada bulan ini dari yang biasanya gak pake jilbab jadi pake jilbab. Jadi yang biasanya preman jadi Sholeh, sampai berita-berita dan tayangan televisi berubah 180 derajat menjadi Islami.

Tetapi, bagi seorang negarawan muda kita perlu refleksikan ramadhan kali ini. Memang ramadhan kali ini special sekali dan pastinya banyak kejutan yang muncul, antara lain Hadiah Kenaikan BBM dari Presiden SBY dan adanya BLSM yang menjadi ladang pencitraan bagi para pejabat yang ingin berebut kursi RI-1 di tahun 2014 nanti kepada masyarakat marginal Indonesia, Kasus Keributan di Kejuraan Tinju di Papua,dll.

Tentu kita menangis dalam menyambut dan menjalani Ramadhan di Negara yang merupakan contoh paling tepat untuk tidak di contoh, Indonesia Tercinta ( Eri Sudewo, 2013 ). Tetapi meratapi nasib tanpa usaha untuk bangkit adalah Membodohan. Jadi langkah langkah awal yang kita lakukan sebagai para pemuda Indonesia yang peduli akan Negara Indonesia dan memperjuangkan kembali kejayaan negeri ini hingga Sebutan Negarawan Muda melekat pada diri kita, hanya satu kata " Evaluasi dan Perbaikan diri".

Bagi Negarawan Muda haruslah memaknai ramadhan kali ini sebagai sarana untuk memperbaiki diri kita, sarana untuk membina Hati, Pikiran, Fisik kita serta sarana untuk kita memahami kondisi diri kita, sehingga bisa produktif dalam berkarya. Tentu banyak langkah yang harus kita lakukan, apa saja langkah itu???

Pertama, Muhasabah/evaluasi diri selama satu tahun ini dari ramadhan kemarin sampai ke ramadhan kali ini sudah ngapain aja, apakah target- target kita dah tercapai,dll dan Niatkan untuk berusaha mencapai target itu dan tentunya berbenah diri untuk menjadi yang lebih baik.

Kedua, kita tulis dalam secarik kertas apa saja target yang ingin kita capai selama ramadhan ini. Misalnya Tilawah 1 Juz/ Hari, 1 Tulisan/Minggu, Ibadah Sunnah kita libas semua per hari,dll. Itu kita temple dinding meja belajar / di dinding diatas tempat tidur kita, sehingga kita akan terus mengingatnya pas buka mata.

Ketiga, Selalu berdoa kepada Allah Swt setiap selesai Sholat. Untuk target-target kita dapat tercapai dan di beri kemudahan serta ke-istiqomah-an dalam menjalani ramadhan kali ini.

Keempat, Lakukan target yang ada dengan Segala Usaha dan Upaya yang kita mampu dan yang paling penting niatkan semuanya semata-mata untuk beribadah kepada Allah Swt. Juga jaga kondisi tubuh, hati, pikiran.

Mungkin itu saja tips yang dapat diberikan untuk perbaikan diri selama bulan ramadan ini. Semoga Ramadhan kali ini kita menang, Ramadhan kali ini membuat kita semakin produktif.

Febrian Indra Rukmana
Mahasiswa Jurusan Sosiologi FISIP UNS 2010 (//ade)


Berita Selengkapnya Klik di Sini

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions