Pages

Kamis, 11 Juli 2013

GATRANEWS - KLIK GATRA BARU BICARA
GATRANEWS, Berita Politik dalam dan Luar Negeri // via fulltextrssfeed.com
Konflik Tanah, Jalan Tol Cikampek Diblokir
Jul 11th 2013, 07:01

Created on Thursday, 11 July 2013 14:01 Published Date

Karawang, GATRAnews - Gara-gara konflik tanah antara warga Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang, dengan sebuah perusahaan besar, Jalan Tol Jakarta Cikampek Kilometer 44, di Telukjambe Barat, Karawang, Kamis (11/7), diblokir.

Menurut Koswara, salah seorang pengunjuk rasa, masyarakat terpaksa melakukan pemblokiran jalan Tol Jakarta-Cikampek, karena kecewa atas konflik lahan dengan perusahaan yang tidak kunjung selesai. Padahal, katanya, keinginan petani itu sederhana, agar lahan milik mereka seluas sekitar 350 hektare disertifikasi.

Yono Kurniawan, kuasa hukum masyarakat, mengatakan, pada awalnya perusahaan yang berkonflik dengan masyarakat terkait dengan kepemilikan tanah, adalah PT Sumber Air Mas Pratama (SAMP).

Namun di tengah konflik antara PT SAMP dengan warga, muncul PT Agung Podomoro Land yang mengakusisi lahan PT SAMP itu. Padahal sudah jelas PT SAMP tengah berkonflik dengan masyarakat dalam hal tanah.

"Masyarakat tidak senang tanahnya dikuasai pemilik modal, karena mereka sudah memiliki lahan itu sejak 22 tahun lalu. Mereka juga tertib membayar PBB," kata Yono.

Sementara itu, akibat aksi pemblokiran jalan, kemacetan parah terjadi di sepanjang jalan Tol Jakarta-Cikampek, baik dari arah Jakarta menuju Cikampek maupun sebaliknya.

Aparat Kepolisian Resort Karawang sempat membubarkan pengunjukrasa dengan menggunakan semprotan air (water canon), tetapi mereka tidak juga bubar dan terus melakukan aksi perlawanan dengan melakukan pelemparan batu. Setelah gagal dibubarkan polisi, warga tetap berada di tengah jalan tol Jakarta-Cikampek tersebut. (TMA)

Berita Lainnya :

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions