Pages

Selasa, 23 Juli 2013

GATRANEWS - KLIK GATRA BARU BICARA
GATRANEWS, Berita Politik dalam dan Luar Negeri // via fulltextrssfeed.com 
Selasa Pagi Rupiah Bercokol di 10.195
Jul 23rd 2013, 02:56

Created on Tuesday, 23 July 2013 09:56 Published Date

Jakarta, GATRAnews - Mata uang rupiah kembali melemah ke posisi Rp 10.195 per dolar AS, Selasa pagi. Utang luar negeri swasta yang akan jatuh tempo pada tahun ini serta cadangan devisa yang terus tergerus diduga jadi penyebab pelemahan. Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, pagi ini, bergerak melemah nilainya sebesar 125 poin menjadi Rp 10.195 dibanding posisi sebelumnya Rp 10.070 per dolar AS.

"Utang luar negeri swasta yang akan jatuh tempo pada periode Juni-Desember 2013 diperkirakan mencapai 24 miliar dolar AS. Perkiraan kebutuhan valas itu membuat tekanan terhadap nilai tukar rupiah makin besar dan tetap tinggi hingga akhir tahun," kata ekonom Lana Soelistianingsih di Jakarta, Selasa seperti dikutip Antara.

Ia mengatakan bahwa jumlah utang luar negeri itu merupakan bagian dari keseluruhan utang yang jatuh tempo pada tahun 2013 sebesar 32 miliar dolar AS dengan perincian 29,9 miliar dolar AS utang pokok dan sisanya berupa bunga.

"Rupiah diprediksi bergerak di kisaran antara Rp 10.100-Rp 10.150 per dolar AS," kata dia.

Kepala Riset Trust Securities Reza Priyambada mengutarakan nilai tukar rupiah masih belum mampu keluar dari area negatif seiring dengan minimnya sentimen positif dari dalam negeri dan eksternal.

Ia mengatakan bahwa kalangan pelaku pasar uang menilai pelemahan nilai tukar rupiah salah satunya didorong dari cadangan devisa Indonesia yang cenderung tergerus sehingga akan menyulitkan Bank Indonesia untuk melakukan intervensi.

"Sementara itu, sentimen positif dari Eropa yang membaik menyusul parlemen Yunani telah meloloskan kebijakan penghematan belum mampu mendorong nilai tukar di kawasan Asia menguat, termasuk rupiah," kata dia. (DH)

Berita Lainnya :

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions