Pages

Sabtu, 06 Juli 2013

Changes are afoot at Blogtrottr!
By popular request, we're bringing in paid plans with some cool new features (and more on the way). You can read all about it in our blog post.
BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com
Robot Asimo bermasalah saat menjadi pemandu museum
Jul 6th 2013, 07:38, by BBC Indonesia

asimo

Asimo tidak bisa membedakan gerakan tangan pengunjung museum.

Robot bentuk manusia buatan Honda mengalami masalah dalam mengenali gerakan di hari pertamanya sebagai pemandu di Museum Sains Miraikan, Tokyo.

Robot Asimo terlihat kesulitan untuk membedakan antara gerakan tangan pengunjung yang ingin bertanya dengan tangan yang diangkat untuk mengambil foto.

Asimo juga tidak bisa merespon atas perintah suara.

Padahal robot ini didesain untuk menjawab 100 pertanyaan yang bisa dipilih melalui layar sentuh dari sebuah panel tulis.

Tetapi dalam sebuah demonstrasi Asimo justru membeku dan berulang kali bertanya: ''Siapa yang ingin bertanya ke Asimo?'' saat orang mengarahkan kamera foto ke robot ini.

''Saat ini, bisa mengenali anak-anak yang melambai kepadanya, tetapi tidak bisa memahami arti lambaian tersebut,'' kata spesialis teknologi robot Honda Satoshi Shigemi.

Robot Asimo mulai dikembangkan sejak tahun 1996, dan bulan ini mulai ''bekerja'' sebagai pemandu wisata di museum selama empat pekan sebagai bagian dari uji coba.

Direktur Laboratorium Robotik Inggris di Universitas Bristol, Prof Chris Melhuish mengatakan interaksi dengan manusia adalah langkah besar bagi robotik.

"Bukan hanya membuat robot bergerak, juga membuatnya memiliki kepintaran sosial yang lebih maju,'' katanya.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions