Pages

Jumat, 19 Juli 2013

BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com
Cina liberalisasi suku bunga pinjaman
Jul 19th 2013, 13:17, by BBC Indonesia

renminbi

Bank besar di Cina kebanyakan dimiliki pemerintah.

Cina melakukan liberalisasi industri perbankan dengan mengubah kontrol terhadap suku bunga pinjaman.

Langkah ini menjadi bagian dari upaya untuk membuat ekonomi lebih efisien dan berorientasi pasar.

Dalam pernyataan dalam situsnya, People's Bank of China (PBOC) mengatakan akan menghapus ketentuan suku bunga pinjaman untuk bank komersial.

PBOC berharap ketentuan ini dapat menekan beban pengeluaran perusahaan.

"Ini adalah sesuatu yang besar, apa yang disimboliasasi dari kejadian ini mungkin lebih besar dari pada efek ekonominya," kata Mark Williams, kepala ekonom Asia di Capital Economics.

"Cina telah berbicara tentang liberalisasi suku bunga untuk waktu yang lama, ini adalah salah satu langkah terbesar yang mereka bisa ambil," katanya.

Bahkan sebelum langkah ini dibuat, bank-bank di Cina memiliki kebebasan untuk memberi pinjaman dengan suku bunga di bawah level yang ditentukan, tetapi hanya sedikit yang melakukan itu.

Meskipun mungkin tidak memiliki dampak besar pada ekonomi, analis mengatakan langkah ini penting untuk mengizinkan mata uang Cina lebih bebas mengalir di pasar uang.

Amerika Serikat sudah lama menginginkan hal itu terjadi dan mengatakan mata uang Cina sudah dijaga dengan nilai yang rendah, sehingga membuat perusahaan yang berproduksi di sana memiliki keuntungan yang tidak adil.

"Ini menggarisbawahi bahwa Cina bergerak untuk melakukan konversi mata uang sepenuhnya dan suku bunga mengambang," kata Flemming Nielsen, analis senior di Danske Bank di Kopenhagen.

"Liberalisasi suku bunga adalah kondisi yang diperlukan untuk konversi mata uang dan tingkat bunga mengambang dan langkah berikutnya mereka akan memperlebar kisaran perdagangan harian untuk renminbi. Mereka dapat melakukannya dalam tiga bulan ke depan," katanya.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions