Pages

Kamis, 04 Juli 2013

Changes are afoot at Blogtrottr!
By popular request, we're bringing in paid plans with some cool new features (and more on the way). You can read all about it in our blog post.
Sindikasi welcomepage.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal welcomepage // via fulltextrssfeed.com
Kadin: Perkuat Ekonomi Daerah dengan Ekspor!
Jul 4th 2013, 07:51

SEKTOR RIIL

Kamis, 04 Juli 2013 14:51 wib

Hendra Kusuma - Okezone

JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyatakan penguatan ekonomi daerah harus terus dipacu agar daerah bisa bertahan dalam menghadapi dinamika ekonomi dunia. Hal tersebut tentu berimbas pada perekonomian nasional, terutama adanya tuntutan kesiapan dunia usaha dalam menghadapi pasar bebas ASEAN 2015.

"Pelemahan ekonomi dunia belum memperlihatkan adanya pemulihan yang berarti, sehingga berdampak pada menurunnya nilai dan jumlah ekspor ke berbagai negara tujuan ekspor, selain itu  daerah juga harus berusaha melakukan penguatan ekonomi untuk menghadapi pasar bebas ASEAN," kata Ketua Komite Tetap Modal Ventura dan Pembiayaan Alternatif Kadin Safari Azis dalam keterangan tertulis kepada Okezone, Jakarta, Kamis (4/7/2013).

Menurut Safari, penguatan ekonomi daerah itu bisa dilakukan dengan meningkatkan komoditas-komoditas unggulan ekspor yang berdaya saing, sehingga industri dan UKM daerah bisa bertahan dengan memanfaatkan peluang-peluang yang ada dibalik Pasar bebas Asean.

Selain itu, menurutnya posisi Sumatera Utara yang secara geografis berdekatan dengan negara tetangga di ASEAN seperti Malaysia dan Singapura diharapkan dapat menjadi faktor penguat bagi daerah Sumut untuk lebih berkembang dari aspek ekonomi, khususnya melalui ekspor
unggulan daerah.

"Bukan sebaliknya, di mana Sumut hanya menjadi sasaran pasar negara asing, saat ini dunia usaha memerlukan dukungan yang lebih nyata dari pemerintah agar para pelaku usaha di daerah dapat memanfaatkan berbagai peluang yang terbuka dengan berlakunya ASEAN Economic Community 2015," jelasnya.

Safari menambahkan, pihaknya mengharapkan bentuk dukungan pemerintah itu bisa difokuskan untuk peningkatan daya saing untuk industri dan UKM agar standar mutu dapat meningkat, tidak terkecuali bagi komoditas-komoditas unggulan yang dimiliki Sumut seperti karet, sabun, kertas pulp, sawit dan kopi.

"Semua pihak harus senantiasa melakukan upaya-upaya penguatan UKM agar produktivitas dan kualitasnya lebih berdaya saing dan lebih siap menghadapi pasar bebas," tambah dia.

Tidak hanya itu, Safari menjelaskan, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan para pelaku UKM agar bisa melakukan ekspor. Di antaranya, memiliki keahlian logistik, manajemen ekspor, pemasaran, dan kesiapan keuangan. Namun selama ini masih banyak UKM daerah yang tersendat dalam permodalan dan akses pembiayaan dari perbankan karena belum bankable.

"Bila akses ke perbankan sulit, Kadin merekomendasikan agar para pengusaha daerah dan UKM bisa mengakses pembiayaan melalui alternatif lain dengan memanfaatkan lembaga non perbankan. Sebagai wujud nyata dari komitmen untuk memperkuat perekonomian daerah, Kadin Indonesia membentuk lembaga kemitraan pembiayaan," imbuh dia.

Adapun, Palapa Nusantara Berdikari yang telah dan akan melakukan akselarasi penyaluran dana kepada UKM di daerah-daerah. Selain di Sumut, sosialisasi pembiayaan UKM juga telah dilakukan di Pronvinsi DKI Jakarta, Gorontalo, Bali, Sulawesi Tengah, Kalimantan Timur, Jawa Barat dan yang terkahir di Sulawesi Selatan.

"Palapa Nusantara Berdikari akan membina badan usaha atau pelaku UKM yang memiliki potensi untuk melakukan ekspor. Pembinaan ini dilakukan dari yang tadinya tidak bankable menjadi bankable," ucap Safari. (kie)(wdi)
(wdi)

Berita Selengkapnya Klik di Sini

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions