Pages

Jumat, 12 Juli 2013

BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com
Malala rayakan ulang tahunnya di PBB
Jul 12th 2013, 08:11, by BBC Indonesia

Di markas PBB, Malala akan mengkampanyekan pendidikan bagi kaum muda dan anak-anak.

Murid perempuan asal Pakistan yang ditembak Taliban, Malala Yousafzai, akan merayakan ulang tahunnya yang ke-16 di kantor pusat PBB di New York, Jumat (12/07).

Di markas PBB itu, seperti dilaporkan wartawan BBC di New York, Rajini Vaidyanathan, Malala rencananya akan berpidato untuk meminta dukungan seluruh pemimpin dunia agar memberikan akses yang besar kepada anak-anak untuk memperoleh pendidikan yang layak.

Malala, yang telah menerima dukungan petisi sekitar tiga juta orang di seluruh dunia tentang tujuannya itu, telah bertemu Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki Moon.

Malala ditembak oleh militan Taliban Oktober 2012 lalu, dalam perjalanan ke sekolah di Mingora, kawasan Lembah Swat di dekat perbatasan dengan Afghanistan.

Dia menjadi sasaran Taliban karena memperjuangkan hak pendidikan untuk perempuan.

Dia menulis catatan harian ketika Taliban menguasai kawasan Swat tiga tahun lalu dan Taliban melarang pendidikan untuk perempuan.

Dia kemudian menjalani pengobatan di Birmingham Inggris dan tinggal di kota itu setelah ayahnya mendapat tugas di bagian pendidikan Konsulat Jenderal Pakistan di Birmingham.

Sebelum memberikan pidatonya, Malala mengatakan: "Ini adalah kesempatan bagi kaum muda di planet ini untuk secara bersama-sama mengatakan kepada dunia:" Kami akan memperoleh pendidikan, baik itu di rumah, di sekolah atau tempat lainnya. "

Kaum muda dari 80 negara yang berbeda telah tiba di New York untuk mendengarkan pidato Malala sekaligus mendukung aksinya itu.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki Moon mengatakan: "Di banyak tempat di dunia, banyak siswa seperti Malala dan guru mereka terancam diserang, bahkan dibunuh.

Acara ini menandai Malala Day yang diselenggarakan oleh mantan perdana menteri Inggris, Gordon Brown, yang saat ini menjadi Utusan Khusus PBB untuk pendidikan dunia.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions