Pages

Kamis, 11 Juli 2013

BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com
Film bisu Hitchcock masuk daftar warisan budaya UNESCO
Jul 11th 2013, 09:16, by BBC Indonesia

Kim Novak dalam film Vertigo, BBC

Alfred Hitchcock sering menampilkan aktris berambut pirang dalam filmnya.

Sembilan film bisu karya sutradara film Inggris, Alfred Hitchcock dicantumkan UNESCO dalam daftar warisan budaya Inggris.

Sejumlah film terlawas Hitchcock yang telah melalui proses restorasi yang panjang ditayangkan perdana di Institut Film Inggris (BFI) musim panas tahun lalu.

Dan kini film-film itu masuk dalam daftar warisan budaya Inggris.

Daftar yang disusun dalam bentuk katalog di internet sejak 2010 menunjukkan kekayaan kebudayaan dan sejarah Inggris, mulai dari manuskrip abad pertengahan hingga pelopor bidang film.

"Kami senang sekali bahwa film-film lawas karya salah satu sineas ternama dunia masuk ke dalam daftar artefak budaya terbaik Inggris," ujar Robin Baker, kurator kepala BFI.

Ia menambahkan bahwa budaya film seringkali diabaikkan sebagai warisan budaya Inggris.

Robin Baker juga menjelaskan bahwa hasil restorasi arsip film yang sangat detil oleh BFI tidak hanya berhasil menarik penonton baru di berbagai belahan dunia tetapi juga pengakuan masyarakat internasional sebagai budaya dunia yang penting.

BFI memerlukan waktu tiga tahun untuk merestorasi sembilan film bisu Alfred Hitchcock yang dibuat antara tahun 1925-1929 sebelum ditayangkan perdana saat Festival Film London tahun 2012.

Di antaranya adalah film pertamanya yang berjudul Pleasure Garden dan drama tentang tinju The Ring.

The Hitchcock 9, yang disebut sebagai cetak biru film-film pascaperang sang sutradara yang paling terkenal, seperti Psycho dan Vertigo, saat ini ditayangkan di berbagai kota di Amerika Serikat.

Tahun lalu Vertigo terpilih sebagai film terbaik sepanjang masa menurut majalah film yang diterbitkan BFI, Sight and Sound melalui jajak pendapat oleh kritikus film internasional.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions