Pages

Rabu, 24 Juli 2013

BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com 
Festival Pemuda Dunia digelar di Rio, Brasil
Jul 24th 2013, 03:12, by BBC Indonesia

festival pemuda katolik

Festival Pemuda Katolik Dunia digelar di kawasan pantai wisata Copacabana di Rio de Janeiro, Brasil.

Sekitar 400.000 warga Katolik Roma bergabung dalam pembukaan Hari Pemuda Dunia di Pantai Copacabana, Rio de Janeiro, Brasil.

Acara puncak dalam festival ini adalah kunjungan dan misa Paus Fransiskus Kamis besok.

Paus sendiri telah tiba di Brasil sejak Senin kemarin, sekaligus sebagai lawatan luar negerinya yang pertama sejak menjabat kepala Gereja Katolik Roma.

Kunjungannya di Brasil ini mendapat pengawalan keamanan yang ketat, menyusul aksi protes besar warga terkait skandal korupsi pemerintah Brasil.

Paus Fransiskus yang berasal dari negara tetangga Argentina ini belum dijadwalkan tampil dan hanya menghabiskan waktu di sebuah kediaman pribadi.

Sedangkan misa pembukaan di Copacabana dipimpin oleh Uskup Rio Orani Joao Tempesta, sekaligus menyambut peserta festival yang berlangsung lima hari dan diikuti oleh 1,5 juta peserta dari seluruh dunia.

Paus baru akan muncul saat misa dengan massa yang lebih besar di Copacabana, Kamis besok.

Dalam pembukaan Hari Pemuda Dunia ini sempat diwarnai dengan kekacauan transportasi saat sistem transportasi metro Rio mengalami gangguan akibat pemadaman listrik.

Dua jalur kereta berhenti selama dua jam akibat padam listrik yang disebabkan oleh putusnya kabel listrik.

Hal ini menyebabkan orang yang ingin hadir dalam misa pembukaan menjadi terlantar, sementara yang lainnya memadati bus dan taxi menuju pantai.

Polisi sampai harus turut campur untuk mengatasi sejumlah penumpang yang marah, demikian laporan radio setempat.

Keamanan di Rio memang dilipatgandakan saat Paus memulai kunjungan pekan ini.

Wartawan BBC di Brasil melaporkan polisi kini mengkaji keamanan Paus berusia 76 tahun tersebut setelah mobil yang mengantarnya saat tiba di Brasil, Senin (22/07) dikerumuni oleh massa.

Banyak pengunjung yang berhasil menghentikan dan menyerang iring-iringan Paus saat melintas di Rio dan memasukkan tangan ke dalam mobil Paus melalui jendela mobil yang terbuka.

"Sekretaris Paus mengatakan bahwa Paus terlihat ketakutan, tetapi dia tetap tersenyum," kata juru bicara Vatikan Federico Lombardi kepada wartawan.

Polisi dilaporkan juga menembakkan gas air mata guna membubarkan warga yang masih melakukan aksi protes terhadap pemerintah dan juga menolak kunjungan Paus yang dianggap memakan biaya tinggi.

Paus sendiri diterima secara resmi oleh Presiden Brasil Dilma Rousseff di Istana Gubernur Rio, Senin lalu.

Sebuah perangkat ledak rakitan ditemukan Minggu lalu, tetapi aparat menyatakan bom tersebut memiliki ''daya ledak rendah" dan tidak terletak di kawasan kunjungan Paus.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions