Pages

Rabu, 03 Juli 2013

Changes are afoot at Blogtrottr!
By popular request, we're bringing in paid plans with some cool new features (and more on the way). You can read all about it in our blog post.
BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com
Animator film 'Lady and the Tramp' wafat
Jul 3rd 2013, 06:07, by BBC Indonesia

John David Wilson terlibat dalam beberapa film animasi terkenal.

John David Wilson, animator, produser dan sutradara, yang salah-satu karyanya yaitu film animasi Lady and The Tramp dan Grease, meninggal dunia pada usia 93 tahun.

Artis kelahiran Inggris, yang juga pernah terlibat pembuatan animasi Mickey Mouse, Donald Duck, meninggal dunia di sebuah panti jompo di Blackpool, Inggris, demikian laporan situs Hollywood Reporter.

Pada 1955, Wilson mendirikan Fine Arts Films, yang pada tahun 1978 memproduksi adegan karikatur film Grease yang dibintangi John Travolta dan Olivia Newton-John.

Wilson juga terlibat dalam pembuatan film animasi karya perusahaan film animasi Walt Disney yaitu Peter Pan.

Dalam perjalanannnya, Fine Arts Films membuat film animasi berdurasi pendek Tara the Stone Cutter, yang merupakan adaptasi cerita tradisional Jepang, serta membuat versi animasi pertunjukan balet Petrushka karya Igor Stravinsky.

Film animasi karya Wilson yang mengadaptasi karya Stravinsky - yang pernah tampill diLos Angeles Philharmonic Orchestra - merupakan film animasi pertama yang diputar Film Festival Venice dan berhasil meraih enam penghargaan internasional.

Terkena bom

Lahir di Wimbledon, London, pada 1919, Wilson menuntut limu di Royal College Art, sebelum dikirim ke Afrika sebagai anggota kesatuan tentara Inggris pada 1939.

Akibat kakinya terkena bom, dia dirawat di rumah sakit Kairo, dan menghabiskan waktu menggambar kartun yang beberapa diantaranya kemudian diterbitkan.

Salah-satu karya Wilson yang melegenda adalah film animasi 'Lady and the tramp'.

Dia kemudian dipecat dari dinas militer dan kembali ke Inggris pada 1944, untuk bekerja di sebuah lembaga seni di London dan berlanjut di Pinewood Studios.

Setelah terlibat dalam pembuatan film-film karya David Lean seperti Great Expectations and The Thief of Bagdad, dia bekerja untuk GB Animation yang menghimpun sejumlah seniman Inggris.

GB Animation didirikan Arthur Rank, pemilik perusahaan film Rank Organisation. Rank dikenal berambisi untuk menyaingi dominasi perusahaan film Disney.

Pelukis

Wilson dan sejumlah seniman dibesarkan dan dididik oleh mantan direktur animasi Disney David Hand, yang terlibat pembuatan film Snow White dan Bambi.

Pada 1950, Wilson yang mulai bekerja di perusahaan film Disney di AS, dia terlibat dalam pembuatan film Peter Pan, yang berhasil meraih penghargaan Oscar, film Whistle, Plunk and Boom pada 1953 dan Lady and the Tramp pada 1955.

Dia juga pernah bekerja untuk perusahaan film Hanna-Barbera yang menciptakan The Flintstones serta Mr Magoo.

Wilson juga pernah membuat video musik animasi, selain pelukis yang beberapa lukisannya dipamerkan di Museum Royal Academy of Arts in London.

Wilson meninggal pada 20 Juni lalu dan meninggalkan seorang istri, Fabian, enam anak serta beberapa cucu dan cicit.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions