Pages

Selasa, 08 April 2014

Sindikasi welcomepage.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal welcomepage 
Food is Your Best Medicine

The natural approach to cancer, heart disease, obesity, and other chronic conditions.
From our sponsors
Hari Ini, Satu Bulan Sudah MH370 Hilang Kontak
Apr 8th 2014, 09:15

Pencarian MH370 (Foto:Reuters)Pencarian MH370 (Foto:Reuters) KUALA LUMPUR - Pada hari ini 8 April 2014, tepat satu bulan sudah pesawat Malaysia Airlines MH370 hilang kontak. Semenjak hilang kontak, berbagai upaya untuk menemukan jejak MH370 dikerahkan.

Awalnya, MH370 berangakat dari dari Kuala Lumpur pukul 12.41 malam, 8 Maret 2014 waktu setempat. Direncanakan, mendarat di Beijing pada pukul 06.30 pagi waktu setempat.

Setelah 50 menit mengudara pesawat ini hilang kontak. Sesaat setelah hilang kontak sejumlah spekulasi langsung bermunculan.

Perkiraan awal, MH370 mendarat darurat di daerah China. Namun, dugaan itu segera disangkal oleh otoritas Malaysia. Mereka menyebut tidak ada bukti yang kuat dan bisa membuktikan hal tersebut.

Segera setelah teori itu termentahkan, operasi pencarian MH370 langsung dikerahkan. Awalnya operasi ini hanya mencakup beberapa negara Asia Tenggara termasuk Indonesia yang warga negaranya ada di penerbangan itu.

Tetapi, karena mulai meluasnya daerah pencarian, 26 negara memastikan siap membantu Malaysia mencari MH370. Sejumlah daerah mulai disisir.

Daerah seperti Laut China Selatan, Samudera Hindia dan beberapa perairan maupun darat tak luput menjadi sasaran pencarian MH370. Namun, tidak diduga-duga ternyata MH370 diperkirakan jatuh di Selatan Samudera Hindia.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh pihak berwenang Malaysia. Tidak hanya itu, Malaysia juga memastikan MH370 hilang di daerah tersebut.

Setelah mendapat kepastian itu, daerah pencarian dipersempit dan hanya mencakup selatan Samudera Hindia. Australia juga langsung ditunjuk sebagai pemimpin pencarian.

Pencarian di Samudera Hindia ternyata tidak semudah dugaan awal. Faktor cuaca sangat mempengaruhi operasi di daerah ini.

Beberapa kali pencarian harus ditunda akibat buruknya cuaca. Di lain pihak pencarian di Selatan Samudera Hindia lancar dilakukan karena beberapa gambar dari satelit menunjukan adanya serpihan dari MH370 di wilayah tersebut.

Sayangnya, alih-alih menemukan bagian dari MH370, sejumlah barang yang terdapat di lautan itu hanyalah sekumpulan sampah. Setelah kejadian tersebut usaha yang sempat patah arang, kembali menemukan gairahnya kembali.

Pasalnya, sinyal yang diduga berasal dari kotak hitam MH370 berhasil dilacak. Tetapi menurut Badan Pusat Koordinasi Bersama untuk memastikan sinyal dibutuhkan waktu, tak hanya itu mereka pun harus berpacu dengan waktu karena sinyal diperkirakan akan lenyap tidak lama lagi.

Walau beberapa kali menemui kegagalan, tetapi Pemerintah Malaysia menyatakan mereka tidak akan berhenti mencari MH370 hingga ditemukan. Pernyataan Malaysia langsung di dukung oleh Australia, menurut PM Tony Abbott pencarian MH370 tidak memiliki batasan waktu. (ade)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions