Pages

Rabu, 30 April 2014

Sindikasi welcomepage.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal welcomepage 
Don't wait in line!

Buy your movie tickets online. Find reviews, trailers, and more at Fandango.
From our sponsors
Sebelum Bencana, Ada Masalah Teknis dengan Kapal Feri Sewol
Apr 30th 2014, 12:18

Rabu, 30 April 2014 19:18 wib | Ade Hapsari Lestarini - Okezone

SEOUL - Kapal feri Sewol sempat menunjukkan tanda-tanda tidak stabil sebelum adanya bencana pada 16 April lalu. Kapal ini bahkan diragukan kelayakannya untuk beroperasional. Demikian disampaikan kapten reguler kapal tersebut.

Kapten tersebut menyampaikan, kapal Sewol telah menunjukkan tanda-tanda ketidakstabilan berulang kali sebelum terjadinya bencana tersebut. Demikian seperti dilansir dari AFP, Rabu (30/4/2014).

Jaksa Senior Yang Jong-jin menyampaikan, peringatan mengenai kelayakan kapal feri Korea Selatan tersebut bahkan diabaikan. AFP melaporkan bahwa kapten reguler yang tidak bertugas di hari kapal itu tenggelam, berulang kali telah memperingatkan pemilik feri adanya masalah stabilitas serius.

Jumlah korban tewas hingga saat ini telah tercatat sebanyak 210 jiwa, ada 92 orang yang masih hilang dan diduga tewas. Sementara 15 anggota awak yang membantu menavigasi kapal telah ditahan, mereka dituduh lalai dan gagal untuk membantu penumpang.

Setelah terjadi bencana, di hari berikutnya, Kim Han-sik, CEO kapal feri Sewol yang berusia 71 tahun itu meminta maaf sembari menangis atas "tragedi mengerikan" yang muncul. DIrinya bersedia bertanggung jawab bersama dengan rekan seniornya karena "dosa besar" itu.

Sebanyak 476 orang berada di atas kapal Sewol yang memiliki berat 6.825 ton, sebagian besar dari mereka adalah siswa SMA, di mana kapal terlihat mulai miring dan akhirnya terbalik. Kapal buatan Jepang ini memiliki dek tambahan yang ditambahkan ke tingkat atasnya, dan peneliti bertanya-tanya apakah ini penyebab keseimbangan kapal menjadi terpengaruh.

Seperti diketahui, cuaca buruk terus menghambat upaya untuk mencari lebih dari 90 mayat yang diyakini masih berada di dalam kapal yang tenggelam. Para penyelamat berjuang untuk mencari lebih dari 90 mayat yang masih terjebak di lambung kapal yang tenggelam itu. (ade)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions