Pages

Selasa, 29 April 2014

Sindikasi welcomepage.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal welcomepage 
Explore DIRECTV

Enjoy HD DVR service in every room. Get every game every Sunday. Watch hit movies and shows anywhere. Bundle and save today!
From our sponsors
Wow, Mahasiswa ISI Solo Menari 24 Jam
Apr 29th 2014, 14:09

SOLO – Selama 24 jam yang dimulai hari Selasa (29/4/2014) pukul 6.00 WIB hingga hari Rabu (30/4/2014) pukul 6.00 WIB pagi, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta menggelar pergelaran tari yang diberi nama Solo 24 Jam Menari, yang kali ini bertemakan Suara Tubuh Membuka Hati dalam rangka memperingati World Dance Day.

"Dalam acara ini memang sengaja dipentaskan empu-empu atau maestro tari dari beberapa daerah di Indonesia," jelas Rektor ISI Solo, Prof Dr. Sri Rochana Widyastutieningrum, S.Kar, M.Hum di sela-sela acara Solo 24 Jam Menari di kawasan Jendral Sudirman (Jensud), Solo, Jawa Tengah, Selasa (29/4/2014).

Rochana mengatakan bahwa keempuan dalam tari tradisi merupakan bagian yang dirasa penting pada masa sekarang. Sehingga tidaklah berlebihan bila pilihan terhadap keempuan dalam konteks Negara dimaknai sebagai pemimpin.

Menurut Rektor ISI Solo, empu pada hakekatnya adalah pemimpin yang member ketauladanan. Tidak hanya itu, dalam diri empu tersimpan beragam pengetahuan intangibel.

Dalam realitas empiris khasanah kekayaan para empu tersebut sebagian dan atau mungkin seluruhnya belum dapat diwariskan oleh generasi yang mengalami hidup di zaman sekarang ini.

Melalui World Dance Day 2014, kata Rochana, ISI Solo sebagai ajang dalam rangka pewarisan beragam khasanan pengetahuan tari yang tersimpan dalam diri pada empu melalui pergelaran, workshop, dan ceramah.

Sementara itu, berbagai pentas tari mewarnai Suara Tubuh Membuka Hati, diantaranya sajian tari Pangarsa Bisma Kridha, tarian Lenggang Kipas, tari Remo Boletan, Tari Merak Indramayu, dan sebagainya.

Selain itu, juga diselenggarakan sarasehan tari di Loby Pascasarjana ISI Solo, yang menampilkan Direktur Pembinaan dan Perfilman Direktorat Kebudayaan Kemdikbud Prof Dr. Endang Caturwati, M.Hum, Direktur Pengembangan Seni Pertunjukan dan Industri Musik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Di samping pergelaran maestro tari seperti, Suyati Tarwo Sutargio dari Pura Mangkunegaran Surakarta, Andi Ummu Tunru dari Makasar, Agus Tasman Rono Atmojo dari Surakarta, dan sebagainya. (ade)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions