Pages

Rabu, 30 April 2014

Sindikasi welcomepage.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal welcomepage 
Grow your customer base.

Start a lead gen campaign on LaunchBit and cost-effectively grow your company today!
From our sponsors
Paradigma May Day Harus Terus Digeser
Apr 30th 2014, 14:12

Menakertrans Muhaimin Iskandar (Foto:Okezone)Menakertrans Muhaimin Iskandar (Foto:Okezone) JAKARTA - Peringatan hari buruh internasional yang dikenal dengan sebutan may day diperingati setiap tanggal 1 Mei. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar berharap agar paradigma may day dapat digeser.

"Peringatan may day itu rutin dilakukan setiap tahun, namun paradigma harus terus digeser agar mengeser pola perjuangannya dari gerakan turun ke jalan menjadi gerakan dialog sosial dan kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial kemasyarakatan, " Kata Muhaimin, Rabu (30/4/2014).

Berdasarkan hasil pemantauan dan pengumpulan data sementara per-Rabu (30/4/2014) dari Posko Pemantauan may day 2014 yang dibentuk Kemnakertrans, ternyata banyak kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan yang akan dilakukan oleh pekerja/buruh di seluruh Indonesia dalam merayakan may day.

"Dari berbagai daerah di Indonesia masuk laporan bahwa para pekerja/buruh akan melakukan  perayaan mayday dengan beragam aksi sosial kemasyarakatan baik di sekitar lingkungan perusahaan, kantor dinas tenaga kerja maupun kantor pemerintah daerah, " ucapnya.

Di wilayah Jabodetabek, dalam merayakan may day yang telah dinyatakan sebagai hari libur nasional direncanakan para buruh akan menyelenggarakan panggung hiburan rakyat di Ancol dan Senayan, bakti sosial dan donor darah di Cipinang Jakarta Timur, penghijauan 100 pohon mangga di BKT, Duren Sawit, Jakarta Timur. Kemudian sarapan pagi bersama pekerja di Carrefour, MT Haryono, Jakarta Selatan,  donor darah dan sunatan masal di Kota bekasi, penanaman pohon magrove di Muara Gembong Bekasi.

Di daerah Karawang dan Purwakarta Jawa Barat, para pekerja/buruh direncakanan menggelar jalan pagi sehat. Sedangkan di sekitar kantor gubernur Provinsi Banten akan digelar bakti sosial berupa donor darah dan khitanan massal.

Di Semarang, Jawa Tengah dan Surabaya Jawa Timur, perayaan mayday akan disemarakkan dengan istiqosah bersama, dan pasar rakyat, pembagian sembako bagi pekerja dan pemberian penghargaan may day.

Sedangkan di Makassar, Sulawesi Selatan, dilaporkan para pekerja akan menggelar jalan santai besar-besaran yang melibatkan para pekerja dan keluarganya.

Aksi jalan santai serupa pun akan dilakukan di Samarinda, Kalimantan Timur. Sedangkan di pusat kota Banjirmasin Kalimantan Selatan perayaan mayday akan diisi dengan jalan santai dan pembagian door prize, donor darah dan dialog terbuka antara pekerja dan pengusaha

"Kita manfaatkan perayaan may day untuk menjalin komunikasi yang baik antara pekerja, pengusaha dan pemerintah  agar tercipta hubungan industrial yang harmonis sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan pekerja dan keluarganya serta meningkatkan produktivitas kerja," tukasnya.

Berdasarkan data Kemenakertrans saat ini di Indonesia tercatat ada 6 Konfederasi SP/SB, 92 Federasi SP/SB, 11. 852 (SP/SB) tingkat perusahaan, 170 SP/SB BUMN dan jumlah anggota SP/SB seluruhnya mencapai 3.414.455 orang. (ydh)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions