Pages

Jumat, 25 Juli 2014

SINDOnews Feed
Menyajikan informasi terpercaya seputar Nasional, Metropolitan, Daerah, Ekonomi, Bisnis, Internasional, Olahraga, Sepakbola, Otomotif, Teknologi, dan Sains 
TypePad Has the Tools

Looking for a premiere blogging service? Start your blog today on TypePad.
From our sponsors
Wanita dan Surga, Propaganda Perang Israel di Gaza
Jul 25th 2014, 07:26, by SINDOnews

Selain menginvasi Jalur Gaza tanpa ampun, militer Israel juga menebar propaganda di media sosial untuk meraih simpati dunia. Salah satunya dengan mengunggah foto, di mana seorang wanita Israel berdiri dengan para tentara Israel untuk perang di Gaza.
 
Di media sosial itulah, Israel juga menyelipkan klaim "surga" bagi warga dunia yang mendukung invasi Israel di Jalur Gaza.
 
Foto wanita yang berdiri bersama para tentara Israel (IDF) telah diunggah IDF di Twitter, Facebook dan YouTube. Di halaman Facebook-nya, IDF membubuhkan kalimat yang seolah-olah berada di pihak yang benar.
 
Selain kalimat-kalimat peraih simpati, IDF juga menyertakan berbagai foto roket militan Gaza. Tujuannya untuk melegitimasi alasan ivasi besar-besaran IDF di Jalur Gaza, Palestina yang hingga Jumat (25/7/2014), korbannya dilaporkan telah mencapai 800-an jiwa.
 
"Anda adalah pahlawan sejati di dunia ini, Israel," bunyi kalimat propaganda yang muncul di halaman Facebook IDF. "Berdoalah bagi Israel," contoh kalimat lain di halaman Facebook IDF, seperti dikutip IB Times.
 
Propaganda perang Israel sebenarnya juga muncul dalam setiap sandi atau kode operasi. Isarel mencoba meniru propaganda perang yang pernah diluncurkan Amerika Serikat (AS) ketika menyerang negara lain. 
 
Kode Khusus
 
Contoh, AS pernah menggunakan sandi "Operation Freedom Iraq" atau operasi pembebasan Irak untuk menjatuhkan rezim Saddam Hussein. IDF tidak kalah cerdik untuk mengadopsi sandi-sandi propaganda perang yang pernah digunakan AS. 
 
Mereka memadukan setiap sandi yang cocok dalam bahasa Inggris dan bahasa Ibrani. Dalam perang di Gaza kali ini, IDF menggunakan kode "Operation Protective Edge" yang bermakna operasi untuk pertahanan diri. Kode itu sengaja untuk meraih simpati warga dunia, dengan dalih operasi membela diri dari serangan roket militan Gaza.
 
Menurut Doktor Dalia Gavriely-Nuri dari Universitas Ibrani Yerusalem, "Operation Protective Edge" sebenarnya juga diadopsi dari Alkitab. "Saya rasa ini adalah jenis proses (serangan) psikologis."
 
Sedangkan penggunaan wanita dalam propaganda di media sosial, IDF sengaja menarik ribuan simpati dalam waktu cepat. Di halaman Facebook, IDF sengaja menuliskan kalimat-kalimat humanis. 
 
Contoh kalimat "Girls Love IDF" untuk menunjukkan bahwa tentara Israel dicintai kaum perempuan. Ada juga ratusan foto dari balita hingga lansia yang seolah-olah mendukung IDF dalam menginvasi Gaza."Terima kasih IDF, kami mencintaimu," demikian kalimat propaganda yang dituliskan IDF dalam halaman Facebook mereka.
 

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions