Pages

Kamis, 31 Juli 2014

Sindikasi welcomepage.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal welcomepage 
Eventbrite makes it happen

Create an event and sell tickets online through Eventbrite. It's simple! Sign up and get started today.
From our sponsors
Penerima Program Bidik Misi Ini Raih IP 3,95
Jul 31st 2014, 08:10

Penerima Program Bidik Misi Ini Raih IP 3,95Foto : Penerima Program Bidik Misi Ini Raih IP 3,95/UNY JAKARTA - Tidak semua lulusan SMA/SMK sederajat bisa melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi lantaran terganjal masalah biaya. Maka, ketika kesempatan itu datang, tentu tidak akan disia-siakan.

Uswatun Khasanah, misalnya. Us -begitu panggilan akrabnya-, merupakan mahasiswa Bidik Misi jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Rasa syukur atas kesempatan tersebut ditunjukkannya dengan meraih Indeks Prestasi 3,95.

Keinginan Us untuk kuliah memang sudah ada sejak kecil, terutama ketika duduk di bangku SMA. Alumni SMKN 1 Magelang Jurusan Elektro itu pun menyampaikan keinginannya untuk kuliah kepada sang bunda, Sutilah. Namun, ketiadaan biaya hanya mampu membuat Sutilah pasrah mendengar impian putrinya.

Hal serupa juga dialami ayah Us, Nurrokhman. Pria yang berprofesi sebagai pembuat tepung/pati dari pohon aren tersebut mengaku panik ketika Ketua Jurusan Elektro SMKN 1 Magelang, Wakijan memberi kabar bahwa Us diterima di UNY.

"Ternyata beliau memberi kabar gembira bahwa anak saya diterima di UNY. Beliau bilang anak saya diterima melalui jalur Bidik Misi sehingga bebas biaya kuliah dan masih mendapat uang pembinaan bulanan. Saya sangat bersyukur mendengarnya," kata Nurrokhman, seperti dinukil dari situs UNY, Kamis (31/7/2014).

Sebenarnya, dulu Us juga diterima di perguruan tinggi negeri lain untuk jurusan Matematika. Namun, dara kelahiran Magelang 22 November 1995 itu mantap memilih UNY karena linier dengan pendidikannya ketika SMK.

Berprestasi dalam bidang akademis, tak lantas membuat Us lupa untuk mengembangkan soft skillnya. Warga Tuksongo, Borobudur, Magelang itu rupanya aktif pada himpunan mahasiswa elektronika, kerohanian Islam Fakultas Teknik UNY serta Forum Mahasiswa Bidik Misi UNY.

"Untuk membagi waktu antara kuliah dan kegiatan, penugasan perkuliahan diselesaikan sesegera mungkin. Bila ada rapat organisasi, saya selalu pulang pukul 21.00 WIB untuk fokus pada tugas kuliah seperti mengerjakan tugas, dan sebagainya," urai Us. (mrg)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions