Pages

Selasa, 08 Juli 2014

Sindikasi welcomepage.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal welcomepage 
At Home Yoga Retreat

Everything you need to enjoy a weekend yoga retreat in your own home!
From our sponsors
Orangtua Berutang, Bocah Jadi Jaminan
Jul 8th 2014, 03:06

Bocah yang dijadikan jaminan utang (Foto: Daily Mail)Bocah yang dijadikan jaminan utang (Foto: Daily Mail) PHNOM PENH - Seorang bocah perempuan berusia empat tahun, menjadi jaminan utang dari orangtuanya. Selama dua tahun terakhir, bocah tersebut harus dirantai selama delapan jam di Kamboja.

Kasus mengejutkan ini terbongkar ketika seorang nenek berusia 60 tahun melaporkannya ke polisi. Nenek bernama Keo Chhon itu merasa kasihan dengan kondisi bocah itu.

Polisi menjabarkan bahwa ibu adopsi dari bocah itu meminjamkan uang kepada ibu kandung sang bocah. Namun ibu kandung dari bocah ini menjadikannya sebagai jaminan.

Sementara "ibu adopsi" ini tidak punya kemampuan untuk mengurusinya, karena harus bekerja di ladang. Lokasi ladang tempat "ibu adopsi" itupun dikabarkan jaraknya jauh dari rumahnya.

Setiap hari selama delapan jam, bocah itu harus hidup dengan kaki dirantai ke lantai. Kepada polisi bocah itu mengaku, dirinya pernah harus meminum air kencingnya sendiri ketika kehausan.

"Ibu adopsi mengatakan, bocah itu kerap main hujan dan kotor. Dia khawatir bocah itu akan kabur dari rumah dan mungkin hilang atau tenggelam," ungkap Kepala Polisi wilayah Kemarak Pumin, Srey Touch, seperti dikutip Daily Mail, Selasa (8/7/2014).

Kee Chhon yang melaporkan kejadian menyedihkan ini mengatakan, "setiap anak-anak punya untuk dirawat bukan dirantai seperti anjing. Saya heran kenapa tetangga lain tidak melaporkannya".

Pada akhirnya bocah malang itu dibebaskan pada Senin 7 Juli 2014 malam. Sementara "ibu adopsi" nya pun sempat ditahan, namun pada akhirnya dibebaskan karena alasan kemiskinan.

Meski sudah mendapatkan perawatan, ibu kandung dari bocah perempuan itu tetap tidak bisa mengurusnya karena miskin. "Saya mencintainya, tetapi saya tidak punya siapapun mengawasinya ketika sedang bekerja," tuturnya.

Penyiksaan terhadap anak sudah biasa terjadi di wilayah pedesaan Kamboja yang miskin. Umumnya para orangtua tidak mengerti hukum yang melindungi anak-anak. (faj)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions