Pages

Sabtu, 28 Juni 2014

SINDOnews Feed
Menyajikan informasi terpercaya seputar Nasional, Metropolitan, Daerah, Ekonomi, Bisnis, Internasional, Olahraga, Sepakbola, Otomotif, Teknologi, dan Sains 
Don't wait in line!

Buy your movie tickets online. Find reviews, trailers, and more at Fandango.
From our sponsors
Panama Bebaskan 3 Warga Korut Pengangkut Senjata Kuba
Jun 28th 2014, 03:38, by SINDOnews

Hakim pengadilan di Panama telah memerintahkan pembebasan terhadap tiga warga Korea Utara (Korut) yang ditahan tahun lalu karena berusaha untuk mengangkut senjata Kuba. Mereka ditangkap saat kapal mereka melintasi Terusan Panama.
 
Kapal barang Korut, Chong Chon Gang dicegat Juli 2013 lalu. Di dalamnya ditemukkan 25 kontainer peralatan militer Kuba. Termasuk dua pesawat MiG-21 buatan Soviet, sistem pertahanan rudal dan kendaraan pengontrol keamanan.
 
Kapal dengan 35 awak itu ditangkap karena dianggap melakukan pelanggaran embargo senjata yang dijatuhkan PBB terhadap Korut.
 
Tak lama kemudian mereka dibebaskan, kecuali tiga perwira senior yang didakwa melakukan perdagangan senjata. Namun, hakim Carlos Villarreal, akhirnya juga membebaskan tiga perwira Korut itu, yakni Ri Yong Il, Hong Yong Hyon dan Kim Yong Gol.
 
"Insiden tersebut adalah pelanggaran internasional dan luar yurisdiksi Panama," bunyi pernyataan pengadilan mengacu pada putusan hakim itu, seperti dikutip Reuters, Sabtu (28/6/2014).
 
Panama hanya berhak menjalankan perintah Dewan Keamanan PBB, bukan mengeluarkan putusan sendiri atas tuduhan perdagangan senjata yang melibatkan pihak negara lain.
 
"Selain itu, awak kapal tidak dapat bertanggung jawab karena mereka melaksanakan dan mematuhi perintah langsung dari (pemimpin) negara Korut,"  lanjut pernyataan pengadilan.
 
Villarreal juga memerintahkan untuk mengembalikan lebih dari 200 ribu karung gula yang telah digunakan untuk menyembunyikan kargo senjata. Namun, khusus untuk senjata-senjata yang dista tidak akan dikembalikan karena kepemilikan secara sah belum dibuktikan.
 
Pengacara para terdakwa asal Korut, Julio Berrios memuji keberanian hakim Panama dengan membebaskan klien-kliennya. "Hukum itu diterapkan dan hakim ini akan diingat atas keberaniannya membebaskan warga Korut  meskipun ada tekanan internal dan eksternal," katanya kepada AFP.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
sB3aRYT2Hb.JPG (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions