Pages

Minggu, 29 Juni 2014

Sindikasi welcomepage.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal welcomepage 
How To Lose 19.8 lbs In 21 Days.

Lose weight the right way and keep it off.
From our sponsors
Punya Alergi, Ini Dia Kiat Aman Semprotkan Parfum
Jun 29th 2014, 03:14

Punya Alergi, Ini Dia Kiat Aman Semprotkan ParfumKenali masalah kulit Anda saat ingin memakai parfum (Foto: feminiya) BAGIAN tubuh yang baik untuk memakai parfum yaitu pada bagian tengkuk (belakang leher), siku bagian dalam, belahan dada, belakang telinga dan sepanjang bahu. Selama kulit Anda normal, tidak masalah memakai parfum di mana saja. Tapi bagi yang memiliki alergi, penderita eksim, asma kulit, mudah alergi/kulit sensitif, sebaiknya berhati-hati.

Menurut dr Dewi Inong Irana, SpKK, bagi yang memiliki alergi wewangian, sebaiknya tidak menyemprotkan parfum secara langsung mengenai kulit, tapi semprotkan pada baju yang tidak menempel pada kulit, bukan baju yang ketat. Jangan menyemprot parfum di daerah sensitif seperti leher, wajah, sela-sela/lipatan seperti lipatan paha, lipatan dada, lipatan ketiak, lipatan leher, dan daerah intim.

Pada penderita alergi, kulit terasa gatal dan efek yang ditunjukkan awalnya terjadi proses radang, lalu memerah dan menghitam, meninggalkan bekas flek hitam di kulit yang sulit hilang. Meskipun tidak memiliki alergi, Anda perlu waspada pada parfum yang tinggi kandungan alkoholnya karena bisa menyebabkan iritasi.

Ada pula dermatitis foto contact allergy yaitu alergi baru muncul/bereaksi setelah terkena sinar matahari. Setelah pakai parfum lalu kontak dengan sinar matahari kemudian timbul alergi. Tiap orang berbeda prosesnya, ada yang terasa efeknya 5 menit langsung timbul gatal, tapi ada yang baru terasa beberapa jam kemudian.

Parfum untuk bumil
Pada bumil yang alergi, efeknya dapat berpengaruh ke janin. Tapi bisa saja alergi baru muncul saat hamil karena ada perubahan hormon, misal tadinya tidak alergi lalu setelah hamil bisa alergi.

Sebaiknya bumil berhati-hati, terutama usia kehamilan muda (< 4 bulan), karena kalau alergi berat terpaksa minum obat. Padahal, bumil sebaiknya menghindari minum obat karena pada 16 pekan pertama kehamilan sedang terjadi proses pembentukan organ-organ penting janin, jadi sebaiknya berhati-hati.

Kalau bumil yang alergi ingin tetap memakai parfum, semprotkan pada baju yang tidak menempel. Pilihlah parfum yang kadar alkoholnya tidak terlalu tinggi, hindari yang berbau jeruk bergamot karena berdasarkan penelitian justru paling banyak membuat alergi.

Hati-hati Alergi!
Bagi yang memiliki alergi, jangan memilih parfum yang wanginya sangat tajam, sebaiknya pilih parfum yang "fragrance free" (tidak ditambahi parfum/wangi, minyak, atau bau-bauan tertentu). Jika ingin berganti-ganti merek parfum boleh saja asalkan tidak menimbulkan masalah pada kulit.

Sebaiknya berhati-hati saat berada di bawah sinar matahari misalnya saat berjemur atau olahraga. Karena bisa jadi yang tadinya tidak masalah ketika dipakai di dalam ruangan tiba-tiba bisa bereaksi saat terkena sinar matahari, atau udara yang sangat panas atau ekstrim dingin/kelembapan sangat rendah bisa terjadi reaksi.

Ketika pertama kali ingin mencoba parfum jangan langsung di kulit. Tapi coba dulu di belakang telinga, tunggu reaksinya selama 48 jam. Pemakaian parfum jangan berlebihan, kalau bisa hindari pemakaian parfum di bawah sinar matahari dan parfum yang menempel pada kulit, termasuk body lotion dan krim.

Bagi penderita eksim dan kulit kering sebaiknya hati-hati memakai parfum jangan yang terlalu wangi karena kulit kering cenderung bereaksi alergi terhadap pewangi. Pada penderita eksim yang sedang gatal, hindari pewangi dalam bentuk apapun yang menempel di kulit seperti minyak wangi, krim pelembap, losion, sabun, deodoran karena dapat memperparah keadaan. Sumber alergi tidak hanya dari pewanginya saja  tapi bahan pembawa lain di parfum tersebut juga bisa menimbulkan alergi seperti pelarut, dan sebagainya. (ftr)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions