Pages

Minggu, 29 Juni 2014

Sindikasi welcomepage.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal welcomepage 
Food is Your Best Medicine

The natural approach to cancer, heart disease, obesity, and other chronic conditions.
From our sponsors
Mata Kuliah Unik di Kampus Amrik (1)
Jun 29th 2014, 02:07

Mata Kuliah Unik di Kampus Amrik (1) Beberapa kampus di Amerika Serikat menawarkan mata kuliah menarik dan unik seperti mengupas habis berbagai aspek dalam buku cerita Harry Potter. (Foto: Reuters) JAKARTA - Kuliah asyik itu enggak hanya karena cara mengajar dosennya menarik. Kuliah asyik juga bisa jadi karena mata kuliah yang kita pilih unik.

Beberapa kampus di Amerika Serikat (AS) pun menawarkan mata kuliah menarik dan unik. Bahkan, 12 mata kuliah yang dirancang dengan cara tidak biasa dalam daftar ini memiliki reputasi di kampus masing-masing.

1. Writers House Fellows, University of Pennsylvania
Mahasiswa yang megikuti mata kuliah ini bisa bertemu langsung dengan para penulis yang sedang mereka pelajari. Satu semester dibagi menjadi tiga bagian dan setiap bagiannya didedikasikan untuk satu penulis. Pada akhir bulan, penulis tersebut menghadiri seminar selama tiga jam dan terlibat aktif dengan pembicaraan santai dengan mahasiswa.

2. Demystifying the Hipster, Tufts University Experimental College
Hipster itu enggak sekadar fesyen. Nah, mata kuliah ini menyelami secara mendalam definisi, perdebatan dan sejarah lahirnya generasi hipster di AS. Dengan membangun standar sendiri tentang apa makna menjadi hipster, mahasisw menjadi pakar dan kritikus tentang identitas hipster dan kebudayaan.

3. Feminist Perspectives: Politicizing Beyoncé, Rutgers University
Mata kuliah ini mengeksplorasi pengaruh Beyonce dalam feminisme, ras, gender dan budaya. Dengan mengikuti kuliah ini, mahasiswa dapat lebih memahami cara budaya pop membentuk masyarakat; misalnya apakah musik Beyonce dapat dilihat sebagai cetak biru untuk perubahan sosial yang progresif.

4. Whiteness: The Other Side of Racism, Mount Holyoke College
Mata kuliah kontroversial ini diampu Sandy Lawrence dan mengeksplorasi keuntungan sebagai orang kulit putih, murni karena ras mereka.  Tujuannya adalah menyibak "rahasia kotor tentang ketidaksejajaran yang diperlihatkan masyarakat", sekaligus membantu mahasiswa menyadari bahwa mereka dapat melakukan sesuatu untuk melawan kekuatan tersebut. Demikian dilansir Huffington Post, Minggu (29/6/2014).

5. Tree Climbing, Cornell University

Kegiatan utama dalam mata kuliah ini adalah memanjat pohon. Seru, ya! Mahasiswa akan belajar penggunaan tali temali dan peralatan memanjat untuk mendapatkan kepercayaan diri.

6. What if Harry Potter Is Real?, Appalachian State University
Kelas yang diampu Layne McDaniel ini berbeda dengan mata kuliah tentang Harry Potter di kampus lainnya karena memfokuskan pada pertanyaan "Bagaimana jika?" Dengan mengajukan pertanyaan tersebut, mahasiswa diajak meneliti teks Harry Potter, mempertanyakan keaslian dan sejarahnya serta mencari tahu kejadian nyata dan fiksi dalam serial tersebut. Dengan begitu, mahasiswa bisa melihat bagaimana hubungan antara fantasi dan realitas serta memahami bagaimana sejarah digunakan dan disalahgunakan.  (rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions