Pages

Senin, 30 Juni 2014

Berita Politik, Hukum, Dunia - Indonesia News Today
Liputan6.com Indonesia News Today, menyajikan kabar berita terkini indonesia dan dunia internasional meliputi berita politik hingga hukum dan kriminal 
Take the Style Quiz

Join JustFab and get one pair of extraordinary shoes or bag every month, handpicked for you by our fashion experts.
From our sponsors
Dalam Sehari 2 Bangunan India Runtuh, 20 Nyawa Melayang
Jun 30th 2014, 02:34, by Tanti Yulianingsih

2 Bangunan di India runtuh di hari yang sama. (Financial Express)

Liputan6.com, New Delhi - Bangunan runtuh kembali terjadi di India. Bukan hanya satu tapi ada dua bangunan yang ambruk di hari yang sama. Peristiwa itu terjadi pada Sabtu 29 Juni 2014.

Dilansir dari CNN, Senin (30/6/2014), jumlah korban tewas akibat dua bangunan runtuh di dua kota berbeda di India tersebut ada 20 orang. Mungkin akan bertambah. "Masih banyak korban yang terperangkap di reruntuhan," kata para pejabat India.

Bangunan pertama yang runtuh di New Delhi pada Sabtu pagi adalah struktur empat lantai. "Sepuluh orang, termasuk lima anak-anak dan tiga wanita tewas," kata Wakil Komisaris Polisi Madhur Verma. "Dua orang lainnya juga terluka," tambah Madhur.

Bangunan berusia sekitar 50 tahun itu memang ditempati oleh beberapa keluarga.

Upaya penyelamatan terhambat karena crane yang berada di lokasi itu. Sejauh ini, pihak berwenang menduga pekerjaan konstruksi di gedung sebelah yang menjadi penyebabnya.

Bangunan lain yang juga runtuh pada hari Sabtu, berada di negara bagian Tamil Nadu. Struktur sebelas lantai yang sedang dibangun di ibukota negara bagian Chennai itu runtuh, dan menewaskan sedikitnya sepuluh orang.

Sejauh ini masih banyak orang yang belum ditemukan. Dua puluh delapan orang telah diselamatkan dari bawah reruntuhan.

"Lima puluh pekerja diyakini berada di lokasi konstruksi pada saat bangunan runtuh. Operasi penyelamatan masih berlangsung," urai Komisaris Polisi Chennai Sebastian George. Runtuhnya bangunan di Chennai ini, terjadi di tengah hujan lebat.

Bangunan runtuh di India memang kerap terjadi. Bahkan telah banyak merenggut ratusan nyawa dalam beberapa tahun terakhir.

Seorang pejabat Dewan Kota New Delhi mengatakan kepada CNN, banyak insiden nahas itu terjadi karena konstruksi bangunan yang tidak standar.

Banyak pengembang membangun lantai tambahan dalam struktur bangunan tanpa izin. Tentu saja hal itu membahayakan banyak orang.

Pejabat itu menuturkan, sudah ada beberapa bangunan di New Delhi yang dinyatakan berbahaya. Namun hingga saat ini masih banyak orang menggunakan bangunan tersebut.

Penyebab lainnya berasal dari korupsi, yang mengarah pada otorisasi izin bangunan. Faktor-faktor lain yang berkontribusi terhadap tingginya jumlah bangunan runtuh di India meliputi kurangnya pengawasan terhadap bahan bangunan yang berkualitas buruk, bahkan akibat kelebihan penduduk yang tinggal.

Sebelumnya pada bulan Januari, sebuah bangunan di resor wisata Goa runtuh. Empat belas nyawa melayang dalam insiden tersebut. (Ein)

(Tanti Yulianingsih )

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
india_runtuh.jpg
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions