Pages

Rabu, 09 Juli 2014

Sindikasi welcomepage.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal welcomepage 
Let the jobs find you

Instantly post your resume to 75+ job sites. You can save 60 hours off your job search.
From our sponsors
Mendag Tak Keberatan Digugat Petani Tebu
Jul 9th 2014, 03:25

Menteri Perdagangan M Lutfi. (Foto: Setkab)Menteri Perdagangan M Lutfi. (Foto: Setkab) JAKARTA - Sejumlah petani tebu mengajukan gugatan kepada Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi, karena dianggap membuat kebijakan harga gula yang keliru. Petani menilai kebijakan harga gula tersebut merugikan.

Terkait tuntutan tersebut, Lutfi mengaku telah berusaha memperbaiki harga gula. Dia mengatakan, telah mengadakan pembicaraan konstan dengan Asosiasi Petani Tebu Republik Indonesia (APTRI).

"Jumlah petani itu 2 juta. Tapi percayalah bahwa yang saya kerjakan Ini dengan niatan yang baik, mencoba untuk adil dan bersih supaya untuk menjaga kemaslahatan bersama," kata dia di Kantor Kemendag, Selasa (8/7/2014) malam.

Meskipun demikian, dia tidak melarang jika memang ada petani yang mengadukannya ke Pengadilan Tata Usaha Negeri (PTUN) dan Mahkamah Agung (MA) terkait dengan kebijakan yang dia ambil.

"Negara demokrasi, mau menuntut apa boleh buat. Ya kita ladeni. Tetapi yang dituntut apanya? Impornya? Impor Bulog itu sudah saya katakan kemarin dengan APTRI dan asosiasi gula lainnya bahwa saya tuh kasih (kuota) 350 ribu ton, yang terealisasi itu tidak lebih dari 22 ribu ton," lanjutnya.

Menurutnya, penentuan Harga Pokok Petani (HPP) merupakan kewajiban yang harus dilakukan supaya HPP gula terjaga dengan baik. Dia menambahkan, rendahnya HPP dipengaruhi oleh tren harga gula yang terus menurun.

"Sekarang trennya itu harga gula turun terus. Jadi mau dinaikkan apapun sekarang Ini kemungkinan besar kalau tidak disanggah, tidak dikomunikasikan dengan baik harga gula akan turun terus," tambah Lutfi.

Selain melakukan komunikasi dengan APTRI, Lutfi mengaku sudah berusaha untuk melakukan dengan adil dan bersih. "Saya intens ya supaya masalah gula ini, kan saya sudah bilang harga naik itu lebih mudah dibanding harga turun. Dan ini cobaan saya, harganya turun semua. Saya takut gitu lho," tukas dia.
(mrt)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions