Pages

Sabtu, 12 Juli 2014

Berita Politik, Hukum, Dunia - Indonesia News Today
Liputan6.com Indonesia News Today, menyajikan kabar berita terkini indonesia dan dunia internasional meliputi berita politik hingga hukum dan kriminal 
Find Unique T-shirts

Explore the most popular t-shirts on Cafepress. Discover great designs celebrating anything you can think of.
From our sponsors
Dubes RI Minta Relawan Indonesia untuk Sementara Tidak ke Gaza
Jul 12th 2014, 00:43, by Rinaldo

Ledakan akibat serangan Israel udara di Rafah, di bagian selatan Jalur Gaza, Palestina, Selasa (8/7/2014) (AFP PHOTO/SAID KHATIB)

Liputan6.com, Kairo - Duta Besar RI untuk Mesir Nurfaizi Suwandi mengimbau semua relawan dari Indonesia untuk sementara mengurungkan niat untuk berangkat ke Jalur Gaza akibat kondisi keamanan dan sulitnya izin masuk ke wilayah bergolak itu.

"Para relawan Indonesia hendaknya tidak berkunjung ke Gaza dalam kondisi saat ini," kata Nurfaizi di Kairo, Mesir, Jumat 11 Juli 2014.

Menurut Nurfaizi, dalam kondisi saat ini pintu perbatasan Rafah yang menghubungkan Mesir dan Jalur Gaza ditutup oleh Badan Sandi Negara Mesir dan tidak ada warga yang diizinkan masuk ke Gaza.

Untuk masuk ke Gaza, lanjutnya, harus memperoleh izin khusus dari Kementerian Luar Negeri Mesir, dan surat izin tersebut melalui proses yang cukup lama dan memakan waktu lebih dari sebulan.

Pemerintah Mesir hanya mengizinkan keluar dari Gaza bagi korban luka-luka akibat serangan penjajah Zionis Israel untuk menjalani pengobatan di berbagai rumah sakit di Mesir.

Pemerintah Mesir juga mengawasi arus masuk ke arah Gaza dengan diberlakukan sekitar 10 titik pemeriksaan ketat oleh militer Israel.

Oleh karena itu, katanya, bantuan yang akan diberikan sebaiknya disalurkan melalui Bulan Sabit Mesir atau Dubes Palestina di Jakarta.

Dubes menekankan bahwa kondisi kian memburuk karena pasukan Israel terus melancarkan penyerangan terhadap rakyat Palestina di Gaza hingga kini.

Setiap orang yang akan memasuki Gaza pasti akan melalui pintu perbatasan Rafah yang dijaga ketat oleh pasukan militer Mesir.

Meskipun Jalur Gaza merupakan wilayah yang berbatasan dengan Mesir, kantong Palestina itu merupakan daerah akreditasi KBRI Amman, Yordania.

Kendati Jalur Gaza merupakan daerah akreditasi KBRI Amman, KBRI Kairo senantiasa berkewajiban memantau perkembangan di Gaza, terutama warga negara Indonesia (WNI) yang berada di sana.

Sebelumnya, delegasi DPR saat berkunjung ke Gaza pada akhir 2012 sempat berjanji akan mengupayakan agar Jalur Gaza dimasukkan dalam akreditasi KBRI Kairo dan KBRI Amman membawahi Tepi Barat Palestina, namun hingga kini belum ada tanggapan dari pemerintah.

Saat ini terdapat 21 WNI di Gaza, 19 di antaranya adalah para relawan MER-C yang sedang membangun rumah sakit di Kota Gaza. Semua WNI tersebut saat ini dalam kondisi aman, demikian Dubes Nurfaizi. (Ant)

(Rinaldo)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
GAZA.jpg
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions