Pages

Kamis, 24 Juli 2014

Sindikasi welcomepage.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal welcomepage 
The Next Generation in Online Meetings

GoTo Webinar is a new, affordable, do-it-yourself Web event service that doesn't require a consultant. Get $10 off after your complimentary trial.
From our sponsors
Bersih-Bersih ala Kepala Daerah
Jul 24th 2014, 06:35

LANGKAH sejumlah kepala daerah untuk menertibkan aparat di lingkungan kerja mereka perlu untuk didukung. Bahkan jangan hanya segelitir kepala daerah, semestinya hal ini bisa menjadi gerakan nasional "bersih-bersih".

Sebelumnya kita melihat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang marah-marah karena mendapati oknum petugas Dishub menerima pungli di jembatan timbang. Hal inilah yang membuat jalanan di Jawa Tengah cepat hancur, karena kapasitas kendaraan yang melintasi melebihi batas ambang.

Tidak hanya Ganjar, Walikota Bogor Bima Arya juga memberikan teguran keras dan meminta seluruh anggota Satpol PP push up bersama. Hal itu akibat didapatinya oknum anggota Satpol PP yang menyimpan narkoba.

Paling anyar adalah, Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama alias Ahok, Kamis (24/7/2014) yang marah-marah karena mendapati pungli di Balai Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) di Kedaung Kali Angke, Jakarta Barat. Ahok mensinyalir, perpuaran pungli ini mencapai Rp1 miliar per bulan. Ahok pun berspekulasi bahwa dana sebesar itu sudah pasti mengalir sampai ke Dinas, karenanya Ahok akan menunggu hasil telaah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menindak aparatnya yang berbuat culas.

Tiga kepala daerah itu sepertinya layak untuk dicontoh yang kepala daerah lainnya. Mereka dengan berani melakukan langkah-langkah untuk membersihkan dan menertibkan aparatnya yang berbuat curang dan merugikan masyarakat. Jika langkah ini dapat diikuti oleh kepala daerah lain, maka sudah pasti tata laksana pemerintahan akan berjalan baik dan tikus-tikus pengerogot uang rakyat akan kapok.

Tentu saja kini pemerintahan akan segera berganti. Presiden dan  wakil presiden terpilih akan dilantik pada Oktober nanti. Kita masih berharap kabinet yang dipasang juga diisi oleh orang-orang bersih, sehingga program reformasi birokrasi dan bersih-bersih ini bisa makin massif dan mendapatkan endorsement dari kementerian.

Program-program yang massif dan terstruktur akan mempermudah dan mempercepat terciptanya good corporate government dan terciptanya pemerintahan yang bersih, bebas dari aneka bentuk tindakan koruptif. Semoga.
(mbs)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions