Pages

Sabtu, 19 Juli 2014

Berita Politik, Hukum, Dunia - Indonesia News Today
Liputan6.com Indonesia News Today, menyajikan kabar berita terkini indonesia dan dunia internasional meliputi berita politik hingga hukum dan kriminal 
evo

Extra 20% off all Outlet Wake Gear!
From our sponsors
Penembakan Malaysia Airlines MH17 Masuk Kejahatan Internasional
Jul 19th 2014, 01:00

Liputan6.com, Kiev - Musibah kembali menimpa maskapai Penerbangan Malaysia Airlanes, Kamis  17 Juli 2014. Pesawat Malaysia Airlanes berjenis Boeing 777 dengan kode penerbangan MH17 dari Amsterdam menuju Kualalumpur jatuh di Ukraina dekat dengan perbatasan Rusia.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (19/7/2014), pesawat jatuh ditembak oleh rudal dan menyebabkan 298 penumpangnya yang berasal dari berbagai negara tewas seketika.

Warga Belanda paling banyak menjadi penumpang dalam penerbangan ini, yaitu ada 154 orang. Disusul Malaysia 43 orang,  Australia 27 orang, 12 warga Indonesia, dan ada pula warga Inggris, Jerman, Belgia, Filipina dan Kanada. Sedangkan sisanya 41 korban masih belum teridentifikasi.

Pemerintah Ukraina menduga pesawat jatuh ditembak saat melintas di wilayah Donetsk, kota bagian selatan yang dikuasai separatis pro-Rusia.

Namun separatis pro-Rusia membantah telah menembak pesawat ini, karena tidak memiliki persenjataan yang mampu menjangkau pesawat yang terbang pada ketinggian 10 ribu meter dari permukaan laut.

Sementara itu, Presiden Ukraina Petro Poroshenko menyatakan penembakan pesawat Malaysia Airlines ini merupakan aksi terorisme.

Di tanah air, kesedihan dirasakan pula oleh sejumlah keluarga korban. Salah satu korban tewas merupakan keponakan dari penyanyi Vina Panduwinata, yakni Sakha Panduwinata dan Miguel Panduwinata.

Atas peristiwa nahas ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pun menginstruksikan agar maskapai penerbangan indonesia menghindari kawasan rawan konflik dan menyatakan dukungannya untuk bergabung dalam proses investigasi.

Sejauh ini belum ada pihak yang bertanggungjawab atas ditembaknya pesawat MH17 ini. Pemerintah Ukraina menyebut aksi ini masuk dalam kejahatan internasional dan harus diinvestigasi Mahkamah Internasional di Den Haag, Belanda. (Riz)

Baca juga: 


Rudal Buk Penghancur MH17, Lajunya 4 Kali Kecepatan Suara
Ratusan Siswa Tegal Menangis Histeris Saat Zikir untuk Palestina
Sebelum Terbang, Korban MH17 Posting Kebahagiaan Soal Bali

(Maria Flora)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions