Pages

Selasa, 08 Juli 2014

Berita Politik, Hukum, Dunia - Indonesia News Today
Liputan6.com Indonesia News Today, menyajikan kabar berita terkini indonesia dan dunia internasional meliputi berita politik hingga hukum dan kriminal 
Find Unique T-shirts

Explore the most popular t-shirts on Cafepress. Discover great designs celebrating anything you can think of.
From our sponsors
Momentum Dramatis 2 Pesawat Nyaris Tabrakan di Bandara Barcelona
Jul 8th 2014, 02:59, by Elin Yunita Kristanti

Liputan6.com, Barcelona - Momentum dramatis 2 pesawat yang 'nyaris bertabrakan' di landasan bandara Barcelona terekam kamera.

Sebuah pesawat Boeing 767 milik maskapai Rusia, UTair hendak mendarat di landasan Bandara El Prat. Namun, saat kapal terbang tersebut bersiap menurunkan roda, tiba-tiba muncul sebuah pesawat Airbus A340 milik maskapai Aerolineas Argentineas dalam kondisi taxi alias berjalan pelan menuju landasan terbang -- bersiap melakukan take-off.

Lantas terlihat dalam rekaman, pesawat UTair yang terbang turun, kembali naik ke udara. Batal mendarat.

Meski terlihat mengerikan dalam rekaman, pejabat setempat mengatakan manuver seperti itu normal. Apalagi, tak ada penumpang dan awak pesawat yang terancam keselamatannya.

Seperti Liputan6.com kutip dari BBC, Selasa (8/7/2014), sumber otoritas bandara Spanyol AENA mengatakan kepada surat kabar La Vanguardia bahwa kedua pesawat dipisahkan jarak 1 kilometer saat itu. Sudut pengambilan gambar (angle) dalam rekaman lah yang membuatnya terlihat lebih dari dekat daripada senyatanya.

Kedua pesawat, kata sumber, berada dalam posisi yang benar. Pesawat milik maskapai Rusia mendarat dengan selamat. Tak ada satupun dari 2 maskapai yang terlibat dalam insiden mengajukan komplain.

Namun, tidak jelas mengapa pilot pesawat Rusia mengambil keputusan untuk membatalkan pendaratan.

Kejadian tersebut terekam kamera Miguel Angel pada Sabtu pekan lalu.  Video yang kemudian diunggah ke YouTube telah disaksikan lebih dari 1 juta kali.

"Boeing 767-300 (VQ-BSX) milik UTair yang datang dari Moskow dan Airbus A340-300 (LV-FPV) milik AerolĂ­neas Argentinas, terlibat dalam insiden yang mungkin bisa jadi bencana paling mengerikan di Bandara Barcelona," tulis Miguel Angel seperti dikutip dari Daily Mail.

Untungnya, kata dia, pilot melihat pesawat milik Argentina sedang taxi menuju landasan RW25R untuk lepas landas. "Mereka (para pilot dari maskapai Rusia) melakukan yang terbaik."

Dia menambahkan setelah insiden, pesawat Rusia mendarat dengan selamat. "Dan kapal terbang Argentina take-off menuju Buenos Aires."

Insiden di Barcelona terjadi hanya beberapa hari setelah 2 pesawat nyaris bersenggolan di dekat Bush Intercontinental Airport, Houston, Amerika Serikat. Yakni jumbo jet 777 milik Singapore Airlines dan Delta Air Lines A320 pada Kamis lalu 3 Juli.

Untung, pengawas udara melihat kesalahan tersebut dan mengoreksi jalur kedua pesawat sebelum malapetakan mungkin terjadi. (Tnt)

Baca juga:

Letusan Gunung Terdahsyat dalam 2.000 Tahun Terjadi di Indonesia

Fenomenal! Rumus Fisika Ini Kuak Misteri Malaysia Airlines MH370

Gara-gara Cedera Otak, Mahasiswa DO Mendadak Jadi Jenius

(Elin Yunita Kristanti)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions