Pages

Senin, 14 Juli 2014

Sindikasi welcomepage.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal welcomepage 
Let the jobs find you

Instantly post your resume to 75+ job sites. You can save 60 hours off your job search.
From our sponsors
Ratusan 'Jangkis' Ikuti Terapi Metadon di Jakarta Barat
Jul 14th 2014, 03:35

Senin, 14 Juli 2014 10:35 wib | Awaludin - Okezone

Ratusan 'Jangkis' Ikuti Terapi Metadon di Jakarta BaratRatusan 'Jangkis' ikuti terapi Metadon di Jakarta Barat (Ilustasi Okezone) JAKARTA - ‎Sebanyak 244 pasien mengikuti Program Terapi Rumatan Metadon (PTRM) di Jakarta Barat. Hal itu dilakukan untuk memutus mata rantai penularan HIV/AIDS dari pengguna narkoba akibat penggunaan jarum suntik yang tidak steril.  
 
Menurut Kepala Suku dinas Kesehatan Jakarta Barat, Widyastuti saat ini ada tiga Puskesmas yang melayani PTRM, yaitu Puskesmas Cengkareng, Puskesmas Tambora, dan Puskesmas Grogol Petamburan.
 
"Untuk rinciannya, di Puskesmas Cengkareng ada 58 pasien, Tambora 105 pasien, dan Grogol Petamburan ada 81 pasien, totalnya ada 224 pasien," ujar Widyastuti, Senin (14/7/2014).
 
Kata dia, terapi PTRM berbetuk cairan dan dilakukan dengan cara diminum sesuai dengan dosis. Terapi Metadon ini memiliki efek menyerupai morfin dan kokain dengan masa kerja yang lebih panjang sehingga dapat diberikan satu kali sehari.
 
"Polanyanya yang diganti. Dari awalnya pengguna narkoba menggunakan jarum suntik dan diubah dengan cara diminum dengan cairan metadon," lanjutnya.
 
Cara ini, lanjut dia, untuk memutus mata rantai penularan HIV/AIDS yang ditularkan dari penggunaan jarum suntik oleh pengguna narkoba yang tidak steril.
 
Selain itu, PTRM juga bertujuan merubah perilaku serta meningkatkan kesehatan pengguna narkoba dan zat aditif, sehingga dapat hidup normal dan produktif.
 
"‎Hal tersebut cenderung mengalami penurunan berdasarkan laporan dari konseling di tiga Puskesmas, dan itu berkat pola terapi PTRM," pungkasnya.
(hol)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions