Pages

Minggu, 06 Juli 2014

Sindikasi welcomepage.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal welcomepage 
Let the jobs find you

Instantly post your resume to 75+ job sites. You can save 60 hours off your job search.
From our sponsors
Pajak Hiburan Naik, Rezeki Bagi Kota Sekitar Jakarta
Jul 6th 2014, 05:42

Ilustrasi kenaikan pajak hiburan. (Foto: Okezone)Ilustrasi kenaikan pajak hiburan. (Foto: Okezone) JAKARTA - Pemerintah DKI Jakarta menerbitkan revisi Peraturan Daerah (Raperda) No 13/2010 tentang pajak Hiburan. Dalam Perda ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menaikkan tarif pajak hiburan.

Salah satu pajak yang naik adalah pajak hiburan bioskop, pagelaran seni, musik, tari, kontes kecantikan, pameran, seluncur es, pacuan kuda, refleksi dan pusat kebugaran, tempat wisata dan taman rekreasi, pasar malam hingga komedi putar yang saat ini 10 persen naik menjadi 15 persen.

Pengamat Ekonomi dari Universitas Indonesia, Telisa Aulia Falianti, menilai kebijakan Pemerintah daerah ini juga dapat memberikan keuntungan pada daerah satelit di Jakarta.

"Kalau kita lihat lebih jauh lagi mengenai migrasi dan urbanisasi, kebijakan pemerintah untuk menaikan pajak hiburan bisa meningkatkan kegiatan regional di luar Jakarta," kata dia saat dihubungi Okezone, Minggu (6/7/2014).

Menurutnya, jika harga pajak bioskop dinaikkan, maka akan berdampak pada harga tiket bioskop. Akibatnya, masyarakat urban yang biasanya datang ke bioskop di Jakarta, akan mulai beralih ke bioskop yang ada di daerah penyangga Jakarta, misalnya Depok, Bogor, Tangerang, Bekasi. "Kalau seperti itu kan akan mengurangi padatnya Jakarta juga," tambah dia.

Selain itu, Telisa berpendapat bahwa kebijakan ini diambil Pemerintah untuk membidik masyarakat kelas menengah. Menurutnya, saat ini penduduk kelas menengah di Jakarta sudah sangat besar.

"Peningkatan dari 10 persen ke 15 persen enggak sebesar golongan malam, memang ada diferensiasi, mungkin pemda ingin menyasar penduduk kelas menengah, di Jakarta kan banyak penduduk kelas menengah," tukas dia. (mrt)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions