Pages

Senin, 28 Juli 2014

Berita Politik, Hukum, Dunia - Indonesia News Today
Liputan6.com Indonesia News Today, menyajikan kabar berita terkini indonesia dan dunia internasional meliputi berita politik hingga hukum dan kriminal 
Take the Style Quiz

Join JustFab and get one pair of extraordinary shoes or bag every month, handpicked for you by our fashion experts.
From our sponsors
Idah Kusumadewi: Pelopor Batik Kreatif Kendal
Jul 28th 2014, 08:00, by Yulia Yulee

Kabupaten Kendal kini mulai bertransformasi dari konsumen batik menjadi produsen batik yang diperhitungkan di tingkat nasional.

Citizen6, Jawa Tengah Kabupaten Kendal kini mulai bertransformasi  dari konsumen batik menjadi produsen batik yang diperhitungkan di tingkat nasional. Hal tersebut ditandai dengan mulai maraknya para seniman di Kabupaten ini yangmemproduksi batik dalam skala masiv dengan corak khas tanah Bahurekso seperti sulur daun pohon Kendal, motif Kaliwungu dan motif lainnya .

Terdapat dua nama "Pendekar" dalam dunia perbatikan Kabupaten ini yaitu sang Bupati Dokter Widya Kandi MM.CD. Selain sebagai dokter ia  berbasis dari dunia mode dan fashion sehingga tak heran kreasinya sangat kental mewarnai perkembangan perbatikan Kendal. Berikutnya adalah seorang  "Maestro" batik bernama Idah Kusumadewi, nama ini belakangan juga tersohor karena batik kreatifnya.

Kiprah  Idah Kusumadewi berawal dari rasa pedulinya terhadap seni membatik yang dirasanya mulai stagnan dan ada potensi diindustrialisasi oleh para pengusaha dari Tiongkok dan Malaysia yang mulai invasi memasukkan produk batik pabrikannya ke negeri ini. " Ada sedikit rasa tak rela ketika negara lain mulai mencoba membuat batik dan bahkan memasarkan ke daerah kita, batik sebagai khasanah  budaya Indonesia  harus  tetap eksis dan jika mungkin batik Indonesia harus menjadi yang terbaik, baik dalam motif, corak maupun dalam pemasaran" tungkas Idah.

Mulailah Ibu muda ini mencoba membuat batik kreatif, diantaranya dengan mengembangkan corak batik Kendal asli, kemudian dipadu padankan dengan batik motif dari berbagai gaya di Nusantara seperti Bali, Jogja, Solo, Pekalongan, Kalimantan, dan bahkan Papua. "Khusus untuk Bali, saya  mempunyai partner para pembatik disana, maklumlah mas saya kan keturunan Bali", tuturnya .

Tak berhenti hanya disitu, Idah mulai aktif membuat workshop sendiri. Kemudian dia berkolaborasi dengan berbagai organisasi wanita seperti Persit TNI, Bhayangkari Polri, dan bahkan membina para narapidana di Lapas Kendal yang diajarinya membatik. Menakjubkan, para napi ini bahkan bisa menyabet gelar juara di lomba batik yang digelar Pemda Kendal.

Kini Idah mulai kewalahan melayani pesanan dari berbagai  penjuru Nusantara bahkan beberapa warga Jerman dan Eropa yang sempat beberapa kali berlatih membatik di workshopnya harus indent , menunggu hingga batik yang dipesan ada baru bisa dikirimkan. " memanfaatkan jejaring sosial seperti Facebook, Blogspot dan Twitter yang saat ini sebagai sarana efektif mempromosikan batik. Namun, ada sisi uniknya dimana kadang ada desainer luar yang nakal menjiplak karya saya, saya sih  hanya ketawa aja silahkan jika memang demi kemajuan batik Indonesia maka saya ikhlaskan tapi alangkah indahnya jika semua kreasi batik kreatif adalah orisinil ciptaan para senimannya sendiri", tambahnya.

Berkarya di rumahnya di Jalan Waluyo no 18 Kendal, Jawa Tengah, Idah Kusumadewi merupakan profil Ibu rumah tangga  yang peduli dan kreatif melestarikan seni batik untuk generasi mendatang. Kiprahnya juga membuat sejumlah wanita lainnya mendapatkan keterampilan membatik dan mendapatkan penghasilan untuk keluarganya.

Pengirim:

Aryo Widiyanto
Twitter : @aryo_widi.

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Saat ini Citizen6, juga mengajak blogger untuk kolaborasi. Jika punya postingan baru, kirim alamat atau url websitenya ke kami. free.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
batik.jpg
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions