Pages

Jumat, 04 Juli 2014

Berita Politik, Hukum, Dunia - Indonesia News Today
Liputan6.com Indonesia News Today, menyajikan kabar berita terkini indonesia dan dunia internasional meliputi berita politik hingga hukum dan kriminal 
Find Unique T-shirts

Explore the most popular t-shirts on Cafepress. Discover great designs celebrating anything you can think of.
From our sponsors
Kisah Mal New World Bangkok, Dulu Mewah Kini Dihuni Ikan
Jul 4th 2014, 02:14, by Elin Yunita Kristanti

Liputan6.com, Bangkok - Diabaikan manusia selama lebih dari 2 dekade, New World Mall di Bangkok, Thailand menarik kedatangan 'klien' baru: ikan-ikan. Hewan air tersebut berenang lincah di antara etalase-etalase bobrok dan eskalator yang terendam air. Hidup nyaman tanpa predator.

Koi dan nila berpesta makanan ikan, yang dilemparkan para turis yang makin banyak berkunjung ke lokasi tersebut. Pelet itu dibeli dari para penjaja lokal.

Bangunan ini resmi ditutup untuk umum pada tahun 2011, tapi cukup mudah untuk menyelinap melalui pintu belakang.

Dibangun pada tahun 1982, pusat perbelanjaan New World hanya bertahan 15 tahun sebelum masalah akhirnya datang. Menurut Bangkok Post pada tahun 1997, pemerintah setempat, Bangkok Metropolitan Administration menghancurkan 7 dari 11 tingkat bangunan tersebut. Setelah diketahui, pemilik mal hanya mengajukan izin bangunan 4 lantai.

Penghancuran tersebut, ditambah kebakaran yang terjadi pada 1999, membuat bangunan mal tersebut bolong, hanya beratapkan langit.

Dan banjir pun terjadi. Lantai mal berubah menjadi kolam, air hujan selama bertahun-tahun terakumulasi di sana. Jadi sarang nyamuk!

Untuk mengatasi masalah menjengkelkan dan mencegah penyakit, warga di sekitar bangunan memutuskan untuk melepaskan ikan-ikan pemangsa nyamuk. Dan sejak saat itu sebuah miniatur ekosistem lahir di mal yang terabaikan. 

Awalnya, hanya 10 sampai 20 orang yang datang ke kolam unik itu. Demikian ujar penjual mie, Jae Toom. Mereka datang untuk memberi makan ikan.

"Namun setelah foto kolam kami posting di Facebook pekan lalu, makin banyak lagi pengunjung yang datang," kata Toom, seperti Liputan6.com kutip dari CNN, Jumat (4/7/2014). Kisah mal yang dihuni ikan mendunia.

Sebaliknya, Bangkok Metropolitan Administration -- yang dulu menghancurkan sebagian mal -- merasa terusik.

Senin lalu, pejabat pemerintah memerintahkan barikade dipasang untuk mencegah orang-orang datang. Alasannya, ada risiko kesehatan dan ketidakstabilan struktur mengancam para pengunjung.

Pemerintah akan menentukan apakah New World aman untuk publik Juli mendatang. Jika tidak, maka bangunan tersebut akan dirubuhkan. Lantas bagaimana dengan nasib ikan-ikan penghuninya?

Tentu saja, mereka akan dipindahkan, ke kolam baru, yang pastinya tak seunik rumah lamanya. (Tnt)

Baca juga:

Pulau Ini Jadi Sarang Ular Paling Mematikan di Bumi

Ini Pekerjaan Paling Aneh di NASA

Ini Nama Terpanjang di Dunia, Terdiri dari 63 Kata

(Elin Yunita Kristanti)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
new-world-mall-5.jpg
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions