Pages

Sabtu, 02 Agustus 2014

Sindikasi welcomepage.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal welcomepage 
Let the jobs find you

Instantly post your resume to 75+ job sites. You can save 60 hours off your job search.
From our sponsors
Mahasiswa UNY Olah Salak Jadi Minuman Segar
Aug 2nd 2014, 08:12

Mahasiswa UNY Olah Salak Jadi Minuman SegarFoto : Mahasiswa UNY Olah Salak Jadi Minuman Segar/UNY JAKARTA - Salak merupakan salah satu buah asli Indonesia yang sangat melimpah. Sayang, harga salak di pasaran yang rendah kerap membuat para petani salak merugi dan tidak sejahtera.

Oleh karena itu diperlukan inovasi terhadap buah salak sehingga menghasilkan nilai ekonomis yang tinggi bagi para petani salak. Salah satunya adalah membuat salak menjadi minuman segar.

Ide tersebut muncul dari empat mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), yaitu Nafisah Ulfah Fitri Nurrasta, Ika Yuli Arwinanti, Rofingah Juni Astuti, dan Faradina Kusuma Dewi. Mereka menggagas minuman ekstrak buah salak yang tidak mengalami proses fermentasi dan penambahan CO2 (carbondioxide) yang dapat langsung diminum.

Menurut Nafisah Ulfah Fitri Nurrasta, manfaat buah salak sangat banyak. "Salah satunya memiliki kandungan betakaroten yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu salak berserat tinggi sehingga dapat mengobati diare," kata Nafisah, seperti dinukil dari laman UNY, Sabtu (2/8/2014).

Ika Yuli Arwinanti menambahkan, dalam setiap 100 gr buah salak mengandung energi sebesar 368 kilikalori, protein 0,8 gram, karbohidrat 90,3 gram, lemak 0,4 gram, kalsium 38 miligram, fosfor 31 miligram, zat besi 3,9 miligram. "Selain itu di dalam sebuah salak juga mengandung vitamin C sebesar 8,4 miligram," ujar Ika.

Kemudian, Rofingah Juni Astuti menjelaskan cara pembuatan produk sari buah salak tersebut. Pertama, buah salak berkualitas baik dikupas kulitnya dan direndam dalam larutan garam satu persen. Kemudian, dikukus selama tiga menit.

"Setelah itu, didinginkan dengan cepat supaya tidak terjadi pemasakan berkelanjutan. Tahap selanjutnya bahan dihancurkan dengan cara pencacahan, lalu masukkan cacahan buah dalam air yang sudah dididihkan dalam keadaan air masih panas," imbuh Astuti.

Diamkan selama lima menit kemudian disaring dan ditambahkan gula pasir dan asam sitrat ke sari buah yang diperoleh dan aduk hingga larut. Sari buah salak pun siap disajikan. Karya ini berhasil meraih pendanaan dari Dikti dalam Program Kreatifitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKMK) 2014. (mrg)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions