Pages

Rabu, 07 Agustus 2013

Sindikasi welcomepage.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal welcomepage // via fulltextrssfeed.com 
Pengamat: Boediono Cuma Jadi Pelengkap di Konvensi Demokrat
Aug 6th 2013, 21:10

POLHUKAM

Rabu, 07 Agustus 2013 04:10 wib

Rizka Diputra - Okezone

Wapres Boediono (Foto: Heru Haryono/Okezone)Wapres Boediono (Foto: Heru Haryono/Okezone)

JAKARTA - Sejumlah nama akan bersaing dalam penjaringan calon presiden melalui mekanisme konvensi Partai Demokrat. Wakil Presiden Ri, Boediono pun dikabarkan bakal diundang dalam perhelatan konvensi tersebut.

Pengamat Politik Universitas Mercu Buana, Heri Budianto berpendapat, niatan Partai Demokrat  mengundang Wapres Boediono untuk mengikuti konvensi hanya sebagai pemanis belaka.

"Saya melihat Demokrat hanya akan menjadikan Boediono sebagai pemberi warna dalam konvensi," ujar Heri kepada Okezone, di Jakarta, Selasa (6/8/2013).

Sebab, lanjut dia, Partai Demokrat sudah tahu bahwa kans Boediono menang dalam konvensi sangat tipis, terlebih untuk menjadi presiden malah kans Boediono hampir tidak ada.

Menurutnya, ada beberapa alasan yang menguatkan persepsi itu. Yang pertama, Boediono akan tersangkut isu kasus skandal bailout Bank Century yang masih terus menjadi pertarungan politik elite yang saat ini berlanjut di Timwas Century.

"Kedua, selama mendampingi SBY menjadi wapres, Boediono nyaris kehilangan peran dan sangat berbeda dengan ketika JK yang mendampingi SBY periode 2004-2009. Publik melihat Boediono hanya sebagai pelengkap, seperti wapres-wapres zaman Pak Harto," terangnya.

Adapun terkait kelemahan-kelamahan ini, bahwa hal itu sudah dipahami oleh elite Partai Demokrat. Sehingga menurutnya, keinginan sejumlah elite Demokrat untuk mengundang Boediono mengikuti konvensi hanya semata-mata sebagai hiburan.

"Saya menyarankan kepada Pak Boed (Boediono) untuk tidak tergiur tawaran konvensi. Lebih baik fokus pada kepakaran di bidang ekonomi dan perbankan saja daripada menjadi penghibur di konvensi Demokrat," lugasnya.

Partai Demokrat akan segera menggelar konvensi penjaringan calon presiden yang rencananya digelar pada akhir Agustus mendatang. Meski panitia Konvensi, belum ditetapkan, sejumlah nama telah menyatakan keinginannya untuk menjadi peserta.

Mereka diantaranya adalah, Ketua DPR Marzuki Alie, Anggota Dewan Pembina Pramono Edhie Wibowo, Anggota Dewan Pembina Hayono Isman. Kemudian, yang dari eksternal adalah Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Ketua DPD Irman Gusman, Mantan Ketua MK Mahfud MD dan Ketua BNP2TKI Jumhur Hidayat.

Partai Demokrat menyatakan akan mengundang semua tokoh terbaik bangsa untuk mengikuti konvensi calon presiden. Salah satu tokoh yang akan diundang diantaranya, Wakil Presiden RI, Boediono.

Wakil Ketua Partai Demokrat Nurhayati Ali Assegaf mengatakan, hal itu pernah dipikirkan oleh kader Demokrat, mengingat Boediono adalah anak bangsa yang terbaik.

"Pemikiran itu (mengundang Boediono) pernah ada. Orang terbaik bangsa tentunya berhak menjadi pertimbangan," kata Nurhayati ditemui di Restoran Pulau Dua, Senayan, Jakarta, Senin 5 Agustus lalu. (put)

Berita Selengkapnya Klik di Sini

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions