Pages

Rabu, 25 Juni 2014

Sindikasi welcomepage.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal welcomepage 
At Home Yoga Retreat

Everything you need to enjoy a weekend yoga retreat in your own home!
From our sponsors
Cantik dengan Sepatu Unik dari Serat Bambu
Jun 25th 2014, 01:16

Cantik dengan Sepatu Unik dari Serat BambuTim mahasiswa Undip pembuat sepatu serat bambu. (Foto: dok. Undip) JAKARTA - Membuat furnitur dari bambu, itu sudah biasa. Rumah berbahan baku bambu juga sudah membudaya. Bagaimana dengan sepatu dari serat bambu? Ini baru unik.

Keunikan ini adalah buah desain empat mahasiswa Jurusan Teknik Industri Universitas Diponegoro (Undip). Felix Pandan N W, Faesal Adam, Sarsa Surya R, dan Nimas Mayangsari berkolaborasi dan menemukan teknik pengolahan serat bambu sebagai bahan utama pembuatan sepatu.

Sang ketua tim, Felix Pandan menjelaskan, meski kaya akan sumber daya alam, masyarakat Indonesia belum memanfaatkan kekayaan tersebut secara maksimal. Salah satunya, tanaman bambu.

"Sepatu beserta pengemasan terbuat dari bambu dan bahan ramah lingkungan lainnya, sehingga sepatu ini memiliki keunikan tersendiri. Terlebih lagi, kami juga menonjolkan sisi cinta budaya Indonesia. Desain sepatu pun kami buat menyesuaikan dengan permintaan konsumen," kata Felix, seperti disitat dari laman Undip, Rabu (25/6/2014).

Sementara itu, Faesal Adam memaparkan, ketika masih lunak bambu bisa dibuat menjadi berbagai peralatan rumah tangga, misalnya gayung, tempat air minum, kursi dan meja. Bahkan, bambu yang sangat lunak dan dikenal sebagai rebung bisa diolah menjadi santapan.

Bambu juga turut berperan dalam konstruksi bangunan. Sayangnya, setelah digunakan, bambu tersebut dibuang dan menghasilkan limbah yang cukup melimpah.

Padahal, kata Faesal, serat bambu itu memiliki banyak sifat unik seperti batang bambu itu sendiri. Berbagai penelitian menunjukkan, serat bambu bersifat anti-kuman, anti-bakteri, menyerap dan menghilangkan bau, menyerap dan mengeluarkan air serta super anti-ultraviolet.

"Produk serat bambu dapat digunakan di segala musim, membuat orang merasa nyaman dan sejuk," tutur Faesal.

Inovasi sepatu serat bambu ini sendiri diharapkan dapat menjadi salah satu upaya pemanfaatan serat bambu sekaligus menonjolkan sisi budaya Indonesia. Prospeknya pun, kata Sarsa, cukup bagus mengingat belum banyak produk serupa di pasaran.

Sepatu serat bambu buatan tim mahasiswa Undip ini merupakan produk dari Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) yang didanai Ditjen Dikti Kemendikbud. Mereka juga memberdayakan usaha kecil menengah (UKM) di Jawa Tengah, dalam memproduksi sepatu serat bambu buatan tangan berkualitas tinggi tersebut.
 
"Saat ini kami membuat model flat shoes, sandal , wedges, dan high heels. Kami akan memperbanyak model sepatu lainnya," tutur Sarsa. (rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions