Pages

Jumat, 16 Mei 2014

Sindikasi welcomepage.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal welcomepage 
Grow your customer base.

Start a lead gen campaign on LaunchBit and cost-effectively grow your company today!
From our sponsors
Poster Karya Ilmiah UGM Jadi Juara di Turki
May 16th 2014, 12:08

Foto: dok. UGMFoto: dok. UGM JAKARTA - Lagi, kawula muda Indonesia mempersembahkan prestasi di tingkat internasional. Kali ini prestasi tersebut datang dari empat mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dalam ajang 16th International Veterinary Medicine Student Scientific Research Congress di Istanbul Universitesi, Turki.

Keempat mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan UGM itu ialah Novra Arya Sandi, Istianah Maryam Jamilah, Muhammad Nuriy Nuha Naufal, dan Riana. Bersama 100 peserta dari beberapa negara di Eropa dan Asia, mereka berkesempatan membawakan karya ilmiah sekaligus berkompetisi.

Mereka pun mengikuti tiga kategori kompetisi, yaitu oral presentation competition, poster presentation competition, dan project competition. Dari ketiga kompetisi tersebut, karya ilmiah "Study of Potential of Strawberry Extract as Alternative Antibacterial Against Staphylococcus aureus Multiresistant Antibiotics from Immunological and Histopathological Aspect" mereka berhasil meraih juara pertama dalam poster presentation.

Poster karya mahasiswa FKH UGM itu berhasil menyingkirkan 23 peserta lain dan membawa pulang hadiah sebesar 2.000 Turkish Lira atau sekira Rp12 juta. Meski demikian, Muhammad Nuriy Nuha Naufal mengaku tidak menyangka jika karya ilmiah mereka bisa kelar sebagai jawara pertama dalam kompetisi tersebut.

"Kami tidak menyangka hasil riset kami mendapatkan juara pertama dalam poster presentation. Kami sangat bersyukur sekali," ujar Naufal, seperti dikutip dari laman UGM, Jumat (16/5/2014).

Selain itu, Novra dan Istianah juga berkesempatan untuk mempresentasikan karya ilmiah mereka dalam bentuk oral presentation. Novra mempresentasikan sebuah review journal yang berjudul "A Review: Development of Vaccine Candidate of Methicillin-Resistant Staphylococcus aureus (MRSA) from 7 Indonesian Isolates Based on Cell-Mediated Immunity as a Universal Strategy to Control Staphylococcal Infections in Human and Animal." Sedangkan Istianah membawakan hasil riset yang berjudul "Histological Study of Pyramidal Cell in Cornu Ammonis of Hippocampus Lasiwen (Myotis muricola): an Indonesian Wild Animal That Potentially as Rabies Natural Reservoir."

Bahkan, Istianah juga berkesempatan untuk presentasi kembali di depan para juri yang merupakan profesor dari berbagai universitas di Turki dalam sesi project competition. Dalam sesi tersebut, dia membawakan penelitian berjudul "The Effect of Chicken Eggshell Powder (CEP) Supplementation on Calcium and Phosphor Excretion in Wistar Rat as an Alternative Source of Calcium for Therapy of Hypocalcemia in Human and Animal."

Pada sesi tersebut, tim dari Indonesia mendapatkan kesempatan untuk bersaing dengan lima peserta lainnya. "Pada sesi ini, proyek mahasiswa FKH UGM merupakan satu satunya yang lolos dari Indonesia untuk bisa mempresentasikan proyeknya di Istanbul," kata Novra.

Kendati menggondol juara, Novra dan kawan-kawan akan terus mengembangan riset yang mereka lakukan. Mereka berharap dapat menghasilkan riset yang berguna bagi kesehatan hewan dan mendukung pendidikan di bidang ilmu kedokteran hewan. (rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions