Pages

Sabtu, 10 Agustus 2013

Sindikasi welcomepage.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal welcomepage // via fulltextrssfeed.com 
Cegah Korban, Petugas SAR Bersiaga di Lokasi Wisata
Aug 9th 2013, 22:21

INFO RAMADAN

Sabtu, 10 Agustus 2013 05:21 wib

Rus Akbar - Okezone

PADANG - Sejak H-2 sampai H+3 Badan Search an Rescue Nasional (Basarnas) Sumatera Barat bersiaga di lokasi-lokasi wisata yang ada di Sumatera Barat, jumlah personil yang dikerahkan sekira 25 orang dibantu tim BPBD Kabupaten/Kota.
 
Staf Humas Basarnas Sumbar, Arief Pratama mengatakan, tim ini dibagi dalam lima Search Rescue Unit (SRU), masing-masing SRU memiliki 5 anggotanya.
 
"Operasinya dibagi empat titik, satu tim stanby di kantor, empat tim lainnya melakukan operasi siaga di empat kabupaten kota," ujarnya pada Okezone, Jumat (9/8/2013).
 
Empat tim Basarnas ini akan berposko di lokasi pantai Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Pantai Gandoriah Kota Pariaman, Danau Singkarak Kabupaten Solok dan sepanjang jalan lintas Padang Bukittingi (Lembah Anai dan Malibu Anai).
 
"Tujuan kita ini untuk mengantisipasi korban tenggelam dan longsor, sebab titik-titik tersebut merupakan daerah yang sangat padat pengungjung selama lebaran," katanya.
 
Tim ini sudah dilengkapi satu uni mobil box lengkap denga peralatan perahu karet, medis dan evakuasi darat termasuk alat chainsaw. "Kita juga mensiaga dua unit kapal SAR, Rescue Boat 213 Padang 01 dan Sea Rider, kapal ini akan beroperasi Padang-Painan dan Padang-Pariaman," ujarnya.
 
Selain itu, untuk mengantisipasi korban tenggelam unit rescue ini sudah menghimbau kepada pengungjung untuk menjaga anak-anak mereka yang sedang mandi-mandi di laut. "Batas untuk mandi laut itu sampai pukul 18.00 WIB, kalau masih mandi tim SAR ini akan memanggil mereka untuk naik ke darat," tuturnya.
 
Sementara Kepala Badang Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran Kota Padang, Budhi Herwanto mengatakan sampai H+7 telah mengerahkan 70 orang Relawan Pemadam Kebakaran (PAM) yang terdiri dari Resimen Mahasiswa se-Kota Padang, SAR, dan Kelompok Siaga Bencana (KSB).
 
"Relawan ini akan bertugas di Pantai Aie Manih, Pantai Muaro, Pantai Purus, dan Pantai Pasir Jambak, selain itu mereka akan bertugas mengatasi insiden kecelakaan di pantai saat masyarakat merayakan libur lebaran. Berkemungkinan nantinya jumlah relawan akan bertambah karena panjang pantai mencapai 64 km, mereka akan bertugas dari pukul 09.00 WIB sampai 18.00 WIB," tegasnya.
(cns)

Berita Selengkapnya Klik di Sini

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions