Pages

Senin, 15 Juli 2013

Sindikasi welcomepage.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal welcomepage // via fulltextrssfeed.com
Kecantikan Bangsawan Dayak Diukur dari Panjang Telinganya
Jul 14th 2013, 20:40

Senin, 15 Juli 2013 - 03:40 wib

Adhia Azkapradhani - Okezone

Perempuan Suku Dayak (foto: crossingIndonesia)

Perempuan Suku Dayak (foto: crossingIndonesia)

Tak hanya suku pedalaman luar negeri yang memiliki keunikan tersendiri dalam mengartikan kecantikan seorang perempuan. Di Indonesia, Anda juga dapat menemukannya pada Suku Dayak, Kalimantan. Di sini, perempuan yang dipandang cantik adalah mereka yang bertelinga panjang.
 
Hampir sama dengan yang dilakukan oleh leluhur Suku Kayan di Thailand terhadap generasi penerus mereka. Tradisi yang dijaga turun-temurun ini telah dimulai sejak perempuan Suku Dayak masih bayi dan hanya dilakukan oleh mereka yang berasal dari kalangan bangsawan.
 
Layaknya mengenakan anting-anting di telinga, perempuan Suku Dayak juga melakukan hal sama. Bedanya, anting yang mereka gunakan terbuat dari kuningan yang selalu ditambah jumlahnya, semakin berat antingnya, maka telinga akan semakin panjang.
 
Sayangnya, saat ini sudah sangat jarang generasi penerus yang melestarikan telinga panjang ini. Alasannya pun beragam, namun kebanyakan mengaku mereka diolok-olok ketika berada di sekolah. Suku Dayak yang memiliki tradisi ini, di antaranya adalah Dayak Iban, Dayak Kayaan, Dayak Taman, dan Dayak Punan.

mobile Nikmati berita terikini lewat ponsel Anda di m.okezone.com & bb.okezone.com untuk BlackBerry

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions