Pages

Senin, 15 Juli 2013

BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com
Topan Soulik tewaskan tiga orang di Cina
Jul 15th 2013, 01:45, by BBC Indonesia

soulik

Topan Soulik menyebabkan tinggi ombak mencapai 10 meter lebih dan hujan lebat di sejumlah daerah.

Tiga orang tewas setelah Topan Soulik menghantam provinsi Guangdong, Cina.

Topan yang sebelumnya juga telah menewaskan dua orang di Taiwan ini telah memaksa sekitar 20.000 orang mengungsi dari kediaman mereka, demikian laporan kantor berita Xinhua melaporkan.

Sebelumnya sekitar 300.00 orang juga telah dievakuasi dari kawasan timur Cina ditengah peringatan bencana banjir dan tanah longsor.

Pengamat cuaca mengatakan topan ini melemah saat bergerak memasuki wilayah daratan Cina tetapi hujan lebat dan angin kencang tetap bertahan.

Angin dengan kecepatan mencapai 119km/jam sebelumnya juga telah menyapu kawasan pantai Provinsi Fujian, kata Pusat Meteorologi Nasional Cina.

Kawasan darurat langsung segera diumumkan, lapor Xinhua, setelah hujan deras sebelumnya dilaporkan menyebabkan 200 orang tewas atau hilang. Ribuan tentara juga dikerahkan untuk melakukan tindakan penyelamatan.

Topan Soulik, merupakan badai ke tujuh yang mengantam Cina di tahun ini, dimulai dengan menghantam provinsi Fujian, Sabtu lalu.

Soulik bergerak ke provinsi Jiangxi hari Minggu kemarin dan hujan lebat menyebabkan ribuan rumah terendam di Guangdong.

Status Soulik telah diturunkan menjadi badai tropis sejak Sabtu malam, kata Badan Meteorogi Cina.

Topan ini sebelumnya telah menyebabkan banjir besar di Taiwan yang menyebabkan dua orang tewas dan 8.500 orang lainnya dievakuasi dari wilayah pegunungan dan kawasan rawan bencana longsor lainnya.

Salah satu korban tewas adalah seorang polisi yang meninggal setelah tertimpa tembok yang rubuh akibat topan di ibukota Taipei. Dan 100 orang lainnya terluka dalam insiden ini.

Di Fujian dan Zhejiang, kota pantai lainnya di Cina, jadwal penerbangan dan kereta dibatalkan dan kapal nelayan diminta untuk kembali ke pantai.

Ombak dengan ketinggian 10 meter menghantam Yuhuan di provinsi Zhejiang dan otoritas setempat memperingatkan warga untuk menjauh dari kawasan pantai yang berbahaya.

Angin kencang dan hujan lebat juga menyebabkan gangguan listrik, persediaan pangan menipis dan sejumlah pohon tercabut dari tanah di sejumlah kawasan.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions