Pages

Senin, 15 Juli 2013

BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com
Dokumen Mana Carta akan dipamerkan
Jul 15th 2013, 07:24, by BBC Indonesia

magna carta

Hingga saat ini belum diketahui siapa penulis naskah Magna Carta.

Empat salinan Magna Carta yang tersisa akan disatukan untuk pertama kali dalam sejarah di tahun 2015 mendatang, demikian pengumuman Perpustakaan Inggris.

Acara ini akan berlangsung selama tiga hari dan sekaligus peluncuran tahun perayaan di seluruh penjuru Inggris dan dunia untuk merayakan 800 tahun dokumen tersebut.

Magna Carta, yang berarti Piagam Besar, disepakati di Runnymede, Surrey pada tahun 1215.

Dokumen ini dipandang sebagai landasan bagi konstitusi Inggris, dengan menguraikan seperangkat hak-hak dasar.

Ada empat salinan Magna Carta yang tersisa - dua milik Perpustakaan Inggris, satu kopi punya Katedral Lincoln dan satu lagi dimiliki Katedral Salisbury.

Dan ketiga organisasi ini akan terlibat dalam acara perayaan yang akan digelar di Perpustakaan Inggris di London.

Perpustakaan mengatakan acara ini akan menjadi ''kesempatan sekali dalam seumur hidup bagi peneliti dan publik untuk melihat dokumen secara berdampingan.''

Naskah kuno ini juga akan diperiksa oleh sejumlah ahli terkemuka di dunia.

Perpustakaan mengatakan penyatuan dokumen ini akan membuat para peneliti bisa melihat lebih dekat, terutama di bagian teks yang luntur atau kabur.

Para sejarawan juga bisa mencari petunjuk baru terkait identitas penulis dokumen, yang hingga saat ini masih belum diketahui.

magna carta

Magna Carta dibuat tahun 1215 saat Raja John berkuasa dan menjadi pondasi konstitusi Inggris.

Piagam ini dikeluarkan Raja John sebagai jalan untuk mengatasi krisis politik yang dia hadapi saat sejumlah baron berkuasa memberontak melawan dirinya dan menguasai London.

Meski sejumlah klausul dihapus di masa modern, tetapi piagam ini memancang sejumlah prinsip penting yang disalin di seluruh dunia.

Diantaranya prinsip tidak ada satupun orang kebal hukum - termasuk raja - hak untuk mendapatkan pengadilan yang berimbang, dan batas pajak tanpa perwakilan.

Magna Carta juga menjadi inspirasi bagi konstitusi Amerika Serikat dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia.

Claire Breay, ketua kurator naskah kuno jaman pertengahan dan masa sebelumnya pada Perpustakaan Inggris mengatakan: " Magna Carta adalah barang yang paling populer dalam kekayaan galeri perpustakaan, dan dihormati di seluruh dunia saat mulai merayakan pemerintahan yang berkonstitusi.''

Uskup Katedral Salisbury June Osborne, memuji nilai pengadilan sosial yang terkandung di dalam Magna Carta dan dia berharap penyatuan ini akan meningkatkan kepedulian atas piagam ''dari para penonton baru yang besar".

Sementara Pendeta Philip Buckler, dari Katedral Lincoln, mengatakan penyatuan semua empat kopi akan menjadi "signifikansi nasional" dan akan menandakan ''titik penting'' dalam tahun perayaan.

Dalam tahun perayaan ini, Katedral Lincoln juga akan memulai pembangunan Pusat Magna di Kastil Lincoln.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions