Pages

Selasa, 16 Juli 2013

BBCIndonesia.com | Berita
// via fulltextrssfeed.com
Christie's akan lelang pertama di India
Jul 16th 2013, 14:48, by BBC Indonesia

Christie's

Lelang Christie's akan menjadi yang pertama di India yang digelar balai lelang internasional.

Balai lelang internasional Christie's akan melakukan lelang pertama di India untuk mengambil peluang perkembangan pesat dalam bisnis seni di negara itu.

Perusahaan yang bermarkas di London itu sudah memiliki kantor di Mumbai selama dua dekade belakangan namun akan menggelar lelang pertama pada Desember tahun ini.

"Keputusan untuk melakukan lelang pada saat ini merupakan cerminan dari momentum pasar seni domestik yang kuat," seperti tertulis dalam pernyataan Christie's.

Lelang di Klik India, tambah Christie's, juga mencerminkan daya tarik global atas seni India dan semakin berkembangnya keikutsertaan kolektor India dalam perdagangan seni internasional.

Sebelumnya Christie's mengumumkan akan menggelar lelang pertama di Cina yang akan berlangsung di Shanghai pada Bulan September.

Walau pasar seni di India masih amat kecil dibanding dengan Cina, namun ketertarikan kolektor India atas karya seni Barat meningkat pesat, yang dipicu dengan pertumbuhan ekonomi negara itu.

"Lelang itu akan memungkinkan para kolektor India mengakses seni dari Christie's dan kolektor internasional bisa mengakses karya seni terbaik India."

Rencananya lelang pada Desember mendatang merupakan yang pertama kali digelar oleh balai lelang internasional di India.

Direktur Eksekutif Christie's, Steven Murphy, menjelaskan barang yang pada lelang pertama merupakan karya seni dalam negeri, namun akan disusul juga dengan karya seni internasional.

"Lelang itu akan memungkinkan para kolektor India mengakses seni dari Christie's dan kolektor internasional bisa mengakses karya seni terbaik India," tuturnya kepada kantor berita AFP.

Saingan Christie's, yaitu balai lelang Sotheby's juga sudah membuka kantor di Mumbai, hanya sekitar empat bulan setelah kantor Christie's berdiri tahun 1994.

Waktu itu Sotheby's membuka kantor di Mumbai bersamaan dengan lelang khusus di New York untuk karta seni India, yang total menghasilkan US$6,7 juta.

Namun belum ada rencana dari Sotheby's untuk menggelar lelang di India.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions