Pages

Senin, 17 Juni 2013

Sindikasi welcomepage.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal welcomepage // via fulltextrssfeed.com
Dilantik, Mendagri Desak Gatot Percepat Pembangunan di Sumut
Jun 17th 2013, 06:38

NUSANTARA

Senin, 17 Juni 2013 13:38 wib

Wahyudi Siregar - Okezone

Gamawan Fauzi melantik Gatot jadi Gubernur Sumut (Wahyudi Siregar/Okezone)Gamawan Fauzi melantik Gatot jadi Gubernur Sumut (Wahyudi Siregar/Okezone)

MEDAN - Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi, resmi melantik Gatot Pudjonugroho dan Tengku Erry Nuradi, sebagai pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara periode 2013-2018.

Pelantikan Gatot sebagai Gubernur ke-18 Sumut, yang digelar di Gedung Paripurna DPRD Sumatera Utara itu, dilaksanakan sesuai dengan Surat Keputusan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Nomor 62/P-2013 tertanggal 21 Mei 2013.

Dalam arahannya, Gamawan meminta Gatot untuk melaksanakan pemerintahan yang bersih, perwujudan kesejahteraan masyarakat, dan pemeliharaan koordinasi yang baik lintas pemerintah.

Ada beberapa hal yang cukup menarik, Gamawan juga meminta agar Gatot menggunakan potensi khas di Sumut untuk melaksanakan pembangunan. Gatot juga diminta melakukan percepatan yang selama ini terkendala karena sejumlah persoalan, termasuk pasca-ditahannya gubernur sebelumnya, Syamsul Arifin.

"Sumut ini merupakan provinsi terbesar ke empat di Indonesia. Memiliki Jumlah penduduk terbesar di Sumatera dan terdiri dari banyak suku, etnis, dan agama. Ini juga tentunya tantangan, tapi juga merupakan potensi yang besar dan dapat dimanfaatkan. Pembangunan harus mencecah pada kepentingan tersebut," sebut mantan Gubenur Sumbar itu, Senin (17/6/2013).

Gamawan juga menagih agar kedua pemimpin yang terbilang masih cukup muda itu untuk lebih meningkatkan mobilitas. Dia mendesak agar keduanya segera menyusun program pembangunan jangka pendek dan jangka menengah, sesuai dengan rencana program pembangunan pemerintah secara nasional.

"Saya berikan waktu tiga bulan kepada kedua pemimpin baru ini untuk merumuskan program jangka pendek dan jangka menengah di Sumatera Utara, tentunya rumusan tersebut harus mengacu pada program-program pemerintah secara nasional. Sumut ini luar biasa dan harus tetap luar biasa. Semuanya harus dipercepat,"tambahnya.

Gatot Pudjonugroho dan Tengku Erry Nuradi menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut setelah memenangkan pemilihan yang diselenggarakan pada 7 Maret 2013 lalu. Pasangan tersebut meraih 33 persen suara, dengan jumlah dukungan mencapai 1.604.337 suara.

Pasangan tersebut berhasil mengungguli 4 pasangan lainnya, yakni pasangan Gus Irawan-Soekirman (nomor urut 1), yang meraih 1.027.433 suara atau 21,13 persen. Lalu pasangan Effendi Simbolon-Jumiran Abdi (nomor 2) meraih 1.183.187 suara atau 24,34 persen.

Pasangan nomor urut tiga Chairuman Harahap-Fadly Nurzal meraih 452.096 suara atau 9,30 persen, dan pasangan nomor urut empat Amri Tambunan-RE Nainggolan mendapatkan 594.414 suara atau 12,23 persen. (ris)

Berita Selengkapnya Klik di Sini

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions