Pages

Minggu, 16 Juni 2013

Sindikasi welcomepage.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal welcomepage // via fulltextrssfeed.com
Konvensi Demokrat Diharapkan Lahirkan Figur seperti Obama
Jun 16th 2013, 11:35

POLHUKAM

Minggu, 16 Juni 2013 18:35 wib

Achmad Fardiansyah - Okezone

JAKARTA - Sejumlah nama santer diberitakan bakal ikut konvensi Partai Demokrat menjelang Pemilu 2014. Konvensi Demokrat semi terbuka telah diputuskan untuk menjaring calon presiden (capres) alternatif partai berlambang bintang mercy itu.

Konvensi Demokrat diharapkan dapat melahirkan figur capres yang disukai masyarakat, sebagaimana yang terjadi di Amerika Serikat (AS) kala nama Barack Obama melejit dan menjadi orang nomor satu di negeri Paman Sam itu.

"Kami berharap dalam Pemilu nanti akan lahir orang atau tokoh baru seperti Obama di Indonesia," kata Ketua DPP Partai Demokrat Didi Irawadi Syamsuddin di Forum Wartawan Pemilu (Forwalu), di Jakarta, Minggu (16/6/2013).

Menurut Didi, pada konvensi nantinya setiap calon sama sekali tidak dipungut biaya sepeserpun. Kendati demikian, ada sejumlah prasyarat yang wajib dipenuhi yakni memiliki rekam jejak yang baik, memiliki karya nyata di mata publik, memiliki kepemimpinan yang baik di berbagai bidang khususnya bidang ekonomi.

Selain itu, sang calon juga harus memiliki komitmen pada upaya pemberantasan korupsi, pemerataan kesejahteraan rakyat, serta kemajuan ekonomi Indonesia di masa mendatang. Mengenai mekanisme pendaftaran, lanjut Didi nama-nama yang sudah masuk selanjutnya akan digodok oleh tim yang disebut komite. Komite ini melibatkan tokoh-tokoh independen dari luar partai, sehingga transparan dan terjaga independensinya.

Setelah, sudah dijaring siapa-siapa saja yang layak melangkah pada tahap proses konvensi selanjutnya, maka setiap calon yang ditetapkan akan berkampanye ke seluruh pelosok Tanah Air. Didi menolak, jika dikatakan konvensi ini hanya akal-akalan semata dari Demokrat untuk menaikkan citra.

"Tidak mungkinlah. Proses konvensi ini akan dilakukan secara transparan, kami juga sudah diawasi oleh pers. Konvensi ini akan menjadi pertaruhan bagi kami, jadi kami juga tidak mungkin berani akal-akalan," tegasnya.

Sementara itu, Dekan FISIP Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Bahtiar Effendi menyarankan, konvensi yang digelar Partai Demokrat agar diatur dengan baik dan transparan sehingga capres alternatif yang maju dalam konvensi ini punya eluang yang sama untuk dipilih. "Bagi saya, konvensi Partai Demokrat itu memberi kesempatan, jalan bagi alternatif-alternatif calon yang lain tadi, atau calon yang belum punya kendaraan politik untuk ikut memperebutkan kendaraan itu. Ini harus kita kawal bersama-sama," ujarnya. (ugo)

Berita Selengkapnya Klik di Sini

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions