Pages

Jumat, 21 Juni 2013

Sindikasi welcomepage.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal welcomepage // via fulltextrssfeed.com
Tanpa Bath Tub & Freon, JPH Komitmen Jadi Hotel "Hijau"
Jun 20th 2013, 16:09

Kamis, 20 Juni 2013 - 23:09 wib

Dewi Yanti - Okezone

Jogjakarta Plaza Hotel (Foto: jogjapphotels)

Jogjakarta Plaza Hotel (Foto: jogjapphotels)

YOGYAKARTA - Kesadaran hotel kini semakin tinggi dalam memanfaatkan limbahnya. Jogjakarta Plaza Hotel (JPH) adalah salah satu hotel dengan tradisi budaya yang sadar akan pentingnya ecogreen.
 
Pada 2010, JPH bekerjasama dengan The Green Asia Group melakukan kegiatan yang berhubungan dengan green hotel. Setahun setelah itu, JPH mengantongi sertifikat dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai National Green Hotel Standard.
 
Kerjasama yang dilakukan oleh JPH berupa pengolahan limbah air hotel untuk digunakan kembali sebagai air untuk menyiram tanaman. Selain itu, pemanfaatan daun yang berguguran untuk diolah menjadi pupuk tanaman.
 
"Beberapa kamar sudah tidak lagi menggunakan bath up, tapi hanya shower, di mana tekanan air yang keluar juga dikurangi untuk menghemat penggunaan air," kata Wahyu Wikan Trispratiwi, Executive Assistant Manager Jakarta Plaza Hotel di Yogyakarta, baru-baru ini.
 
Sebanyak 40 dari 177 kamar telah menggunakan shower. Bahkan, setiap kamar dilengkapi AC dan kulkas yang tidak menggunakan freon sehingga lebih ramah lingkungan. Tamu hotel juga diedukasi tentang hemat energi dengan mematikan listrik saat meninggalkan kamar.
 
Kampanye penghematan air juga diterapkan kepada tamu hotel dengan mencantumkan pemberitahun di kamar mandi berisi "handuk di atas lantai atau di dalam keranjang" artinya "handuk supaya diganti" sementara "handuk digantungkan" berarti "saya masih memakainya" sebagai langkah masih mengurangi pemborosan air.
 
JPH juga membentuk Green Team dari perwakilan seluruh departemen untuk melakukan kegiatan go green. Serta, mengajak tamu berpartisipasi dalam menanam tanaman obat. Semua ini untuk penyelamatan bumi dari efek Global Warming.

mobile Nikmati berita terikini lewat ponsel Anda di m.okezone.com & bb.okezone.com untuk BlackBerry

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions