Pages

Sabtu, 15 Juni 2013

Sindikasi welcomepage.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal welcomepage // via fulltextrssfeed.com
Setiap Rouhani Pidato, Timbul Kegilaan
Jun 15th 2013, 08:00

TIMUR TENGAH

Sabtu, 15 Juni 2013 15:00 wib

Fajar Nugraha - Okezone

Pendukung Rouhani (Foto: Guardian)Pendukung Rouhani (Foto: Guardian)

TEHERAN - Nama Hassan Rouhani belum terlalu terdengar luas. Tetapi di Iran, Rouhani saat ini terus menjadi perhatian karena memimpin perolehan suara sementara Pemilu Presiden Iran. Bermacam-macam pandangan keluar mengenai Rouhani.

Kampanye yang dilakukan oleh ulamat moderat itu makin terbantu setelah Mohammad Reza Aref mundur dari pertarungan menuju kursi presiden. Tidak beberapa lama kemudian dirinya pun mendapatkan dukungan kuat dari mantan Presiden Mohammad Khatami dan Akbar Hashemi Rafsanjani.

Tetapi, sebelum pemungutan suara yang berlangsung pada Jumat 14 Juni, beberapa jurnalis melihat ada perubahan besar dari rakyat Iran dalam menyikapi pemilu ini. Mereka juga menanggapi dukung besar yang diberikan kepada Rouhani.

"Sebelumnya, rakyat tidak bisa berharap banyak dan berpikir untuk tidak akan memilih, tetapi kondisi yang terjadi sekarang berubah 180 derajat. Rakyat saat ini benar-benar berbeda sikapnya," ujar seorang jurnalis Iran, seperti dikutip Guardian, Sabtu (15/6/2013).

"Atmosfer saat ini benar-benar berubah seteah Khatami dan Hashemi memberikan dukungan kepada Rouhani. Rakyat benar-benar bergairah. Setiap Rouhani berbicara, selalu ada kegilaan," lanjutnya.

Bahkan, sebagian besar rakyat Iran yang belum memutuskan pilihannya atau bahkan enggan untuk memilih mengatakan, mereka ingin memberikan suara. Rakyat Iran saat ini sepertinya tidak ingin sosok seperti Seed Jalili memenangkan pemilu.

Saeed Jalili yang saat ini menjabat sebagai ketua negosiator nuklir Iran dianggap tidak akan membawa perubahan bagi Iran. Sosok Jalili dikenal sebagai pilihan dari kelompok ultra-konservatif Iran. (faj)

Berita Selengkapnya Klik di Sini

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions