Pages

Jumat, 21 Juni 2013

Sindikasi welcomepage.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal welcomepage // via fulltextrssfeed.com
Hatta : Jika BBM Tak Naik, Defisit Capai Rp300 T
Jun 21st 2013, 16:03

ENERGI

Jum'at, 21 Juni 2013 23:03 wib

Rizkie Fauzian - Okezone

Menko Perekonomian Hatta Rajasa. (Foto: Dok Okezone).Menko Perekonomian Hatta Rajasa. (Foto: Dok Okezone).

JAKARTA – Pemerintah mengumumkan kenaikan harga BBM mulai 22 Juni 2013, pukul 00.00 WIB. Sebenarnya apa yang melatarbelakangi kenaikan harga BBM?    
Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, krisis global yang dirasakan memberikan dampaknya terhadap perekonomian. Yakni, berakibat terhadap penurunan penerimaan negara, meningkatnya harga minyak dunia, dan membengkaknya subsidi BBM.
 
Di sisi lain pemerintah telah mengalkulasikan kenaikan harga minyak mentah dunia ini berpotensi membuat defisit anggaran hingga Rp300 triliun atau tiga persen.
 
"Itu tidak dibenarkan oleh undang-undang. Besarnya subsidi BBM ini berpotensi akan membengkak, lebih dari 70 persen tidak tepat sasaran, kita perlu mengambil penyesuaian," terang Hatta didampingi 23 Menteri dan Pemimpin Lembaga.
 
Kendati demikian, lanjut Hatta, pemerintah menyadari akan menimbulkan inflasi dan penurunan daya beli masyarakat. Ini adalah pilihan yang amat sulit yang diambil oleh pemerintah," tegas Hatta.
 
Namun kenaikan harga BBM ini akan dibarengi dengan program percepatan perluasan perlindungan sosial dan program program khusus lainnya, agar dapat melindungi masyarakat.
 
(rhs)

Berita Selengkapnya Klik di Sini

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions